Aceh Besar (ANTARA) - Kontingen DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling banyak mengirimkan utusan atlet pada partai final cabang olahraga dayung rowing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis.

Dari total 15 nomor yang dipertandingkan pada final 12 hingga 13 September 2024, kontingen DKI Jakarta berhasil mengirimkan atletnya di 11 nomor berbeda. Sementara, juara bertahan PON edisi XX, Jawa Barat mengutus di sembilan nomor pada final cabang olahraga dayung rowing.

Pada final cabang olahraga dayung rowing tersebut, Provinsi Sumatera Selatan berhasil mengutus atletnya ke partai puncak di delapan nomor berbeda. Kemudian Maluku, Jambi dan Sulawesi Selatan sama-sama mengirimkan di tujuh nomor berbeda.

Sementara, untuk tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara belum berhasil mengirimkan atletnya di partai puncak cabang olahraga dayung rowing. Selain Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Riau, dan Sulawesi Tenggara juga mengutus pedayung terbaiknya di partai puncak. Kemudian ada juga Jawa Timur Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: Atlet dayung rowing berburu tujuh medali emas pada Kamis pagi

Tambahan informasi, saat ini kontingen Jawa Barat masih mendominasi klasemen sementara pada cabang olahraga dayung dengan koleksi sembilan medali. Rinciannya lima emas, dan masing-masing dua perak serta perunggu.

Di tempat kedua, Provinsi Papua Barat berhasil mengumpulkan empat medali yang terdiri dari tiga emas serta satu perunggu. Kemudian di posisi tiga sementara Kalimantan Selatan mengumpulkan dua medali emas dan dua medali perunggu.

Tambahan informasi, PON 2024 menandai kali pertama pentas olahraga multi-event nasional tersebut dilangsungkan di dua provinsi secara bersamaan yakni Aceh dan Sumatera Utara.

Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara dalam ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung untuk hasil pembinaan prestasi olahraga daerah.

Sedikitnya 13.000 atlet bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024.

Baca juga: PODSI sarankan pemda perbanyak kompetisi guna tambah jam terbang atlet
Baca juga: Jawa Barat masih kuasai klasemen sementara perolehan medali dayung


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024