Banda Aceh (ANTARA) - Pelatih Sulawesi Tengah Zulkifli Syukur mengaku sudah mempelajari pola permainan tim tuan rumah Aceh yang akan mereka hadapi di Babak 8 Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 cabang olahraga sepak bola putra.

"Alhamdulillah pertandingan Aceh difasilitasi siaran langsung dan kami memiliki bahan evaluasi untuk melihat kekuatan tim tuan rumah," kata dua

Ia mengatakan yang dilakukan saat ini adalah mempersiapkan tim dengan baik dan meminta anak-anak fokus menghadapi babak 8 besar nantinya.

Saat menghadapi Sumut pada Rabu (12/9) ada tiga pemain yang menjalani hukuman larangan bertanding dan ini menjadi poin positif di laga nanti.

"Kami siap tampil full team saat berhadapan dengan Aceh," kata dia.

Baca juga: Sepak bola - Sumut ditahan Sulteng 0-0 dalam laga terakhir Grup B

Terkait dengan dukungan penonton tuan rumah, ia menyikapi hal ini dengan positif dan bukan sebuah hambatan bagi tim untuk mengeluarkan kemampuan terbaik di pertandingan

"Orang Aceh berjiwa sportif dan saya tidak melihat sebuah hambatan dan meminta pemain menjadikan itu sebuah motivasi bertanding," kata dia

Zulkifli Syukur mengapresiasi anak asuhnya yang sudah berjuang di tahapan ini padahal mereka sudah tiga periode tidak ikut berkontestasi di cabang olahraga sepak bola putra.

"Tim ini sudah menciptakan sejarah, pon Sulteng tiga periode tidak ikut berlaga dan ini kami jadikan motivasi untuk jadi yang terbaik," kata dia.

Sebelumnya tim Sulawesi Tengah memastikan tempat di babak 8 besar PON XXI usai menahan imbang Sumatra Utara dengan skor 0-0 di pertandingan terakhir Grup B yang digelar di Stadion H Dimurthala Rabu (11/9).

Hasil ini membuat Sumatra Utara keluar sebagai juara Grup B dengan 8 poin dari dua kali menang dan dua kali imbang di babak penyisihan.

Sulawesi Tengah menjadi pendamping ke babak 8 besar setelah duduk di peringkat kedua usai meraih 6 poin dari satu kali menang dan tiga kali imbang.

Sumut dan Sulteng berhak mewakili Grup B di babak 8 besar karena poin kedua tim ini di atas poin yang diraih tiga tim lainnya yakni Papua Barat, Sulbar dan Jawa Tengah.

Baca juga: Aceh pimpin klasemen Grup A usai taklukkan Jabar 2-1

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024