Jakarta (ANTARA) - Senam irama merupakan salah satu bentuk olahraga yang cukup praktis bisa dilakukan tanpa menggunakan alat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Senam Irama atau disebut senam ritmik merupakan gerakan senam yang diiringi dengan irama musik seperti tepukan, ketukan, nyanyian.

Senam irama perpaduan antara seni dan olahraga yang dipadukan dengan elemen dansa, balet dan musik.

Senam ini dilahirkan di Eropa dan biasa dilakukan oleh perempuan. Pesenam yang melakukan senam irama bisa perseorangan atau kelompok.

Gerakan senam irama, berisikan jalan, berlari, melompat, putaran tangan dan didominasi gerak langkah kaki. Semua gerakan harus selaras dengan ketepatan irama.

Dalam melakukan senam irama, diperlukan keseimbangan dan keluwesan tubuh, agar seluruh gerakan dapat dilakukan dengan tepat sesuai irama musik pengiring.

Melakukan senam irama bisa tanpa alat maupun dengan bantuan alat, seperti gada, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Gerakan dasar langkah kaki senam irama

Dalam melakukan senam irama, gerak langkah kaki banyak dilakukan. Berikut beberapa gerakannya, dilansir Modul PJOK Kelas X Kemdikbud:
  • Marching gerakan jalan di tempat
  • Single Step, melangkahkan kaki satu langkah ke samping kanan atau ke samping kiri
  • Double Step, melangkahkan kaki dua langkah ke samping kanan atau dua langkah ke samping kiri
  • Single Lunge, dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan, satu langkah serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi semula kemudian melangkahkan kaki kiri satu langkah serong ke kiri belakang dan kembali ke posisi awal​​​​​​​
  • Double Lunge, dari posisi awal kaki sejajar melangkahkan kaki kanan, sebanyak dua kali serong ke kanan belakang dan kembali ke posisi awal kemudian melangkahkan kaki kiri dua kali serong ke kiri belakang dan kembali posisi awal​​​​​​​
  • Knee Up, dari posisi awal kaki sejajar rapat, lutut kanan diangkat ke atas sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat dan kembali lagi ke posisi awal kemudian diikuti lutut kaki kiri melakukan hal yang sama
  • V Step, kedua kaki sejajar terbuka lebar di depan. Kemudian langkahkan kaki kanan kembali serong ke belakang diikuti dengan kaki kiri.
Gerakan dasar ayunan lengan senam irama
  • Bicep curl, teknik dengan cara menekuk persendian siku kemudian meluruskannya kembali​​​​​​​
  • Rowing, gerakan mendayung​​​​​​​
  • Pumping, gerakan dengan mendorong kedua lengan ke bawah dan ke atas seperti memompa​​​​​​​
  • Chest press, gerakan dengan mendorong lengan ke depan dada​​​​​​​
  • Butterfly (open the window), gerakan dengan membuka dan menutup lengan bawah di depan wajah.
Manfaat senam irama untuk kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Senam irama juga dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori. Semakin cepat tempo senam irama, makin banyak kalori yang dibakar tubuh.

2. Meningkatkan kekuatan otot

Gerakan dalam senam irama melibatkan berbagai otot pada tubuh, mulai dari otot kaki, hingga lengan. Dengan melakukan senam irama dapat membantu meningkatkan kekuatan dan mengurangi risiko cedera otot

3. Memperbaiki postur tubuh

Gerakan senam irama berguna melatih kekuatan otot perut, punggung, dan pinggul, yang penting untuk menjaga keseimbangan dan membentuk postur tubuh yang sehat. Postur tubuh yang baik akan memudahkan melakukan aktivitas seperti berjalan, berdiri atau duduk dalam waktu lama tanpa keluhan.

4. Mengurangi stres dan cemas

Gerakan senam irama yang diiringi musik dapat meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh yang memiliki efek menenangkan yang membantu mood menjadi lebih baik, sehingga menurunkan stress dan cemas.


Baca juga: Mengenal senam zumba dan manfaatnya 

Baca juga: Krischayani, cinta pada aerobik yang berbuah prestasi

Baca juga: Aerobik - Kontingen Jawa Timur kokoh lewat dua emas dan satu perak

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024