Jakarta (ANTARA) - Zumba salah satu olahraga senam yang cukup populer khususnya di kalangan perempuan. Senam zumba yang diiringi dengan musik dan gerakan cepat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Zumba berasal dari kata dalam bahasa Kolombia "zum-zum," yang berarti gerakan cepat.

Senam Zumba diperkenalkan oleh Alberto 'Beto' Perez pada tahun 1990. Zumba memiliki kekhasan berupa gerakan dance dan aerobik yang dilakukan mengikuti musik yang energik.

Gerakan dalam zumba kombinasi dari gerakan Amerika Latin berirama termasuk cumbia reggeaton, salsa dan merengue, serta beberapa gerakan juga dikombinasikan dengan ritme lain seperti hip hop, tari perut serta ritme India dan Afrika.

Jenis senam zumba

Senam zumba juga terdapat jenis-jenisnya tergantung dari level usia dan beban dari latihan. Berikut jenis zumba, melansir Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes:
  • Zumba fitness, memiliki kombinasi gerakan tempo cepat dan energik. Zumba fitness bisa diikuti untuk yang berusia muda dan mampu melakukan gerakan-gerakan aktif
  • Zumba gold, program yang disesuaikan untuk usia yang lebih tua, khususnya diatas 50 tahun. Zumba gold memiliki gerakan yang tidak cepat, Low- impact dan lembut
  • Aqua Zumba dilakukan di dalam air. Zumba ini sebagai bentuk latihan cardio yang menggabungkan zumba dengan olahraga di dalam air
  • Zumba Toning, berisi gerakan energik yang berfokus pada tonus otot dan pembentukan tubuh. Zumba jenis ini bagus untuk membentuk kekuatan tubuh dan otot tertentu.​​​​​​​​​​​​​​​
  • Zumbatomic, sebagai salah satu bentuk zumba untuk memperkenalkan minat anak-anak berolahraga​​​​​​​
  • Zumba in the Circuit, menggunakan interval waktu, latihan yang sangat intens 30 menit bertujuan untuk membakar kalori.
Manfaat senam zumba untuk kesehatan

1. Memperlancar aliran darah

Zumba dapat membantu melancarkan aliran darah dari dan menuju jantung yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit terkait sirkulasi darah yang buruk.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda mencari olahraga yang bisa untuk menurunkan berat badan, zumba bisa menjadi pilihan. Pasalnya, gerakan zumba kombinasi dari beberapa jenis tarian dengan gerakan senam aerobik, yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Hal ini memungkinkan pembakaran lemak yang dapat mendorong menrunkan berat badan.

3. Meredakan stress

Senam zumba dapat menjadi solusi untuk meredakan dan bahkan menghilangkan stress. Dengan melakukan zumba, dapat membantu Anda melepaskan ketegangan di otot maupun pikiran, sehingga level stress dapat ditekan dan berkurang.

4. Mengencangkan payudara

Senam zumba bisa bantu membuat payudara wanita tidak terlihat kendur dan terbukti mampu mengencangkan payudara.

5. Mengencangkan otot

Dalam melakukan zumba, otot bergerak lebih banyak seperti otot inti-otot perut dan punggung. Gerakan inilah yang akan mengencangkan otot dan perut, sehingga terlihat lebih ramping.

Baca juga: Zumba promosikan karya musisi lewat Zumba Music Lab

Baca juga: Zumba Fitness luncurkan aplikasi konsumen pertamanya Zumba App

Baca juga: Denada ajak masyarakat bangun kesadaran untuk cegah kanker

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024