Aceh Besar (ANTARA) - Sejumlah atlet dayung dari berbagai provinsi di Tanah Air akan saling berburu merebut tujuh medali emas pada Final A cabang olahraga dayung rowing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar pada Kamis pagi.

Ketujuh medali emas tersebut akan dipertandingkan pada tujuh nomor dayung rowing berbeda yakni light weight single sculls (LW1X) yang mempertemukan kontingen Jawa Tengah, Maluku, DKI Jakarta, Jambi, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

Di nomor light weight double sculls (LM2X) atlet dayung Provinsi Riau akan berhadapan langsung dengan kontingen Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. Berikutnya, di nomor single sculls (W1X), pedayung putri Sulawesi Tenggara akan saling memacu perahu dengan pedayung asal Sulawesi Selatan, Maluku, Jambi, Papua, dan DKI Jakarta.

Di nomor coxless fours (M4-) putra, Sumatera Selatan berhadapan dengan Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, DKI Jakarta dan Sulawesi Tenggara. Sementara itu, di nomor
coxless pairs (W2-) Final A mempertemukan pedayung Maluku, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta serta Kalimantan Tengah.

Berikutnya, pada nomor double sculls (M2X) para atlet dayung rowing Sulawesi Selatan ditantang oleh pedayung DKI Jakarta, Maluku, Jawa Barat, Jambi, dan Sulawesi Tengah. Terakhir, di nomor quadruple sculls (W4X) akan mempertemukan perwakilan Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Jambi, serta Jawa Tengah.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia atau PB PODSI Brata Tryana Hardjosubroto mengatakan secara keseluruhan total 11 medali emas akan diperebutkan pada Kamis pagi hingga sore di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar.

"11 medali emas akan diperebutkan di venue cabang olahraga dayung PON XXI Waduk Keuliling,"

Ia merinci tujuh medali emas diperebutkan di partai Final A dayung rowing serta empat medali emas pada Final A kano slalom yang dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB hingga 16.30 WIB di lokasi yang sama.

Baca juga: Sebanyak 22 tiket babak final tujuh nomor dayung rowing disegel
Baca juga: Atlet Olimpiade Tokyo pastikan satu tempat di partai final dayung PON

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024