Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (11/9), mulai dari RUU Keimigrasian disetujui dibawa ke Rapat Paripurna hingga sosok Kepala BNPT Eddy Hartono yang baru dilantik.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. RUU Keimigrasian disetujui Baleg DPR untuk dibawa ke Rapat Paripurna

Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (RUU Keimigrasian) disetujui Badan Legislasi DPR RI untuk dibawa ke Rapat Paripurna

“Kami meminta persetujuan rapat, apakah hasil pembahasan RUU tentang Keimigrasian yang disetujui oleh sembilan fraksi dapat diproses lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan?” tanya Ketua Baleg DPR RI Wihadi Wiyanto yang dijawab setuju oleh anggota dewan dalam rapat pleno untuk mengambil keputusan RUU Keimigrasian di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Pengadilan Tinggi DKI perkuat vonis eks Direktur Utama Pertamina

Pengadilan Tinggi Jakarta memperkuat vonis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat dalam kasus korupsi yang melibatkan mantan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, yakni sembilan tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 3 bulan.

“Menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 12/Pid.Sus-TPK/2024/PN.JKT. PST, tanggal 24 Juni 2024,” dikutip dari amar putusan yang diakses dari situs Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Pansel KPK: 20 calon pimpinan dan 20 calon dewas KPK lolos tes asesmen

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 mengumumkan sebanyak 20 calon pimpinan dan 20 calon dewan pengawas (dewas) telah lolos tahap tes asesmen.

Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh di Lobby Gedung Utama, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu siang, mengatakan proses tes asesmen dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2024 diikuti 40 orang calon pimpinan dan 40 orang calon dewan pengawas KPK.

Selengkapnya baca di sini.

4. Sosok Kepala BNPT Eddy Hartono yang dekat dengan antiteror

Presiden Joko Widodo, Rabu, resmi melantik Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, menggantikan kepala sebelumnya, Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, yang purnatugas.

Nama Eddy Hartono memang tidak sering tampil di media, tetapi kiprahnya di bidang antiteror telah dimulai sejak lama. Tidak hanya itu, Pria kelahiran 1967 tersebut juga berpengalaman dalam bidang reserse.

Selengkapnya baca di sini.

5. KPK sita rumah senilai Rp3,5 miliar terkait korupsi eks Gubernur Malut

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sebidang tanah dan bangunan berupa rumah di wilayah Jakarta dengan taksiran harga senilai Rp3,5 miliar, terkait perkara dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk tersangka mantan Gubernur Maluku Utara, AGK,

“Penyitaan dilakukan terkait penanganan perkara TPPU dengan tersangka AGK,” ucap Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024