Banda Aceh (ANTARA) - Debut perdana tim tuan rumah Aceh pada cabang olahraga korfball Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 memukau dengan keberhasilan meraih medali emas dari nomor lomba K4-2 atau empat lawan empat dengan dua tiang.

Anak asuhan pelatih korfball Aceh Khalif Akbar itu mengunci kemenangan setelah menekuk Jawa Barat dengan skor 9-6 pada laga final di Lapangan GOR Merah Putih, Sabang, Aceh, Rabu (11/9) malam.

“Alhamdulillah kita bisa meraih emas nomor K4-2 berkat usaha dan perjuangan anak-anak yang pantang menyerah,” kata Khalif saat dihubungi dari Banda Aceh, Kamis.

Korfball Aceh tampil begitu percaya diri pada nomor ini sejak awal laga. Tim debutan tersebut mampu menjaga rekor tak terkalahkan sejak babak penyisihan sampai final sehingga berhasil mendulang emas pada nomor itu.

Baca juga: Aceh tantang Jawa Barat di final korfball K4-2

Pada laga semi final, Aceh berhasil menekuk DKI Jakarta dengan skor 9-7. Sementara Jawa Barat yang melawan Jawa Tengah saat itu juga menang dengan skor yang sama yakni 9-7.

Khalif Akbar menjelaskan sejak sebelum dimulai perlombaan korfball pada ajang PON XXI, tim debutan Tanah Rencong ini tidak memasang target muluk-muluk untuk meraih medali, apalagi emas.

Hanya saja, sebut Khalif, dirinya memberi pesan kepada pemain untuk tetap fokus, hindari banyak kesalahan, cetak poin, untuk memberikan penampilan terbaik demi meraih hasil terbaik.

“Laga final tadi malam sengit dan ngotot antara kedua tim. Alhamdulillah kita bisa memaafkan peluang sebaik mungkin dengan memanfaatkan kesalahan-kesalahan kecil dari tim Jabar,” ujarnya.

Setelah K4-2, ada dua nomor lomba lagi yang dipertandingkan korfball pada PON XXI yakni K8 atau delapan lawan delapan dan K4-1 atau empat lawan empat dengan satu tiang.

“Dua nomor berikutnya kita tetap mencoba cari yang terbaik,” ujar Khalif.

Sementara itu, Technical Delegate korfball PON XXI Adelaida Koraag mengatakan laga final perebutan medali emas dan laga perebutan medali perunggu nomor K4-2 berlangsung lancar. Tidak ada protes dari keempat tim yang masuk semi final.

“Hasil akhir Aceh juara satu, Jawa Barat juara dua dan DKI Jakarta juara tiga untuk nomor korfball 4 dua tiang,” kata Adel.

Pada PON XXI, ada 10 provinsi yang mengirimkan perwakilan pada korfball, di antaranya Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pertandingan cabang olahraga korfball menerapkan sistem setengah kompetisi, sehingga semua tim bertemu untuk bertanding pada babak penyisihan baik nomor K8, K4-1, maupun K4-2.

“Untuk hari ini lanjut pertandingan babak penyisihan korfball 4 satu tiang,” ujarnya.

Baca juga: Empat tim korfball PON XXI berebut tiket final nomor K4 dua korf
Baca juga: Korfball pertandingkan tiga nomor pada debut perdana PON XXI


Pewarta: Khalis Surry
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024