Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (11/9), mulai dari Presiden RI Joko Widodo melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial hingga 500 anggota komponen cadangan (komcad) darat di Kalimantan Selatan bantu jaga IKN.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Jokowi lantik Gus Ipul sebagai Mensos baru hari ini

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan melantik Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial pada hari ini.

"Hari ini, Rabu, 11 September 2024, pukul 09.00 WIB, Bapak Presiden akan melantik Bapak Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan tahun 2019—2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Rabu pagi.

Selengkapnya baca di sini.

2. KSAD sebut pembentukan Angkatan Siber dilanjutkan di era Prabowo

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan pembentukan Angkatan Siber yang bakal menjadi matra keempat di tubuh TNI berlanjut di era pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Dia mengatakan hal itu sudah pasti terjadi karena hampir semua negara di dunia pun sudah membuat lembaga pertahanan untuk urusan siber.

Selengkapnya baca di sini.

3. KPU susun rancangan jadwal pilkada ulang 2025 terkait kotak kosong

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI segera menyusun rancangan jadwal pilkada ulang pada 2025 terkait kemungkinan kotak kosong menang melawan calon tunggal.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan hal tersebut sesuai dengan Pasal 54D ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menjelaskan pemilihan berikutnya diselenggarakan pada tahun depan.

Selengkapnya baca di sini.

4. Menhan Prabowo sebut 500 komcad darat di Kalsel bantu jaga IKN

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebut 500 anggota komponen cadangan (komcad) yang dilantik di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Rabu, bakal diproyeksikan untuk membantu kekuatan pertahanan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebanyak 500 warga sipil dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara pada Rabu ditetapkan sebagai anggota komponen cadangan Gelombang I Tahun Anggaran 2024 oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakil KSAD) Letjen TNI Tandyo Budi Revita setelah mereka mengikuti latihan dasar kemiliteran (latsarmil) di Rayon Induk Militer VI/Mulawarman, Banjar Baru, selama kurang lebih dua bulan.

Selengkapnya baca di sini.

5. Menag bantah mangkir Pansus Haji karena belum terima surat panggilan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membantah dirinya mangkir untuk hadir pada Rapat Panitia Khusus (Pansus) Angket Penyelenggaraan Haji 2024 DPR RI karena sejauh ini belum menerima surat panggilan.

Sehingga dia tidak mengetahui alasan terkait munculnya pernyataan bahwa dirinya mangkir sebanyak dua kali dari agenda Pansus Angket Haji. Dia pun ingin tahu kebenaran mengenai surat panggilan itu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024