Jakarta (ANTARA) - Beragam berita menarik mewarnai pemberitaan ekonomi kemarin (11/9), dan layak dibaca pagi ini, di antaranya produksi gas terbaru, pencanangan MRT Kota Bekasi-Tomang, RJPP BUMN, penerbangan untuk MotoGP 2024, serta strategi menuju kemandirian energi.
 
Berikut rangkuman beritanya:
 
SKK Migas catat rekor produksi gas terbaru capai 7.399 juta MMSCFD
 
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) mencatat rekor terbaru produksi gas nasional yang mencapai 7.399 juta kaki kubik per hari (Million Million Standard Cubic Feet per Day/ MMSCFD) yang dicapai pada 4 September 2024.
 
Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D Suryodipuro menyampaikan keberhasilan tersebut tidak lepas dari telah beroperasinya secara penuh Tangguh Liquefied Natural Gas (LNG) tiga train dengan produksi LNG rata-rata sebesar 2,1 miliar kaki kubik per hari dari tiga kilang pencairannya.
 
 
Presiden Jokowi canangkan koridor baru MRT Kota Bekasi-Tomang Jakarta
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan pembangunan fase 1 Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Lintas Timur-Barat, yaitu dari Medan Satria Kota Bekasi ke Tomang Jakarta Barat, sepanjang 24,5 km.
 
Pencanangan itu dilakukan Presiden Jokowi di Stasiun MRT Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu.
 
 
Erick Thohir bahas RJPP BUMN guna susun strategi keberlanjutan
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membahas soal Rencana Jangka Panjang Pembangunan (RJPP) BUMN guna menyusun strategi keberlanjutan.
 
Melalui akun Instagram resminya dikutip di Jakarta pada Rabu, Erick menyampaikan pada sesi pertama ini, RJPP disampaikan oleh para Direktur Utama dari PT PLN (Persero), PT Danareksa (Persero), PT Pertamina (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).
 
 
 
Garuda siap tambah kapasitas penerbangan untuk MotoGP Mandalika
 
Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) siap menambah kapasitas penerbangan rute Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selama ajang internasional MotoGP Mandalika pada 27-29 September 2024.
 
"Tentu kita ada penambahan, sekarang saja ada 8.000 seat dan kuota sampai sekarang masih nunggu terus, bila diperlukan kita akan tambah," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Tangerang, Rabu.
 
 
Menteri Bahlil sebut tiga langkah menuju kemandirian energi
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan, terdapat tiga langkah untuk mewujudkan kemandirian energi di Indonesia, salah satunya eksplorasi sumur.
 
"Bagaimana caranya kita meningkatkan lifting minyak kita dengan memakai tiga pendekatan. Yang pertama adalah kita harus segera melakukan eksplorasi, eksplorasi terhadap potensi-potensi sumur-sumur minyak baru," ujar Bahlil dalam sambutan pembukaan Leaders Forum: Masa Depan Energi RI di Jakarta, Rabu.
 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024