Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur menjadi unggulan pertama dalam fase gugur nomor beregu putra dan putri cabang olahraga tenis di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Posisi puncak itu didapatkan Jawa Timur usai mampu mengumpulkan skor terbanyak pada fase penyisihan yang terbagi dalam empat pool untuk kategori putra maupun putri.

Tim beregu putri Jawa Timur keluar sebagai juara satu pada pool-nya usai sukses mengumpulkan dua skor sempurna, 3-0, selama tiga hari pertandingan.

Adapun dalam pertandingan hari ketiga pada Rabu (11/9) di lapangan tenis Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, tim beregu putri Jawa Timur melesakkan skor tanpa ampun kepada lawannya, Sulawesi Selatan.

Petenis yang turun pada partai tunggal adalah Jessy Priskilla Rompies dan Janice Tjen, sedangkan yang turun pada partai ganda adalah Aldilla Sutjiadi dan Beatrice Gumulya. Diketahui, keempatnya telah mencatatkan prestasi gemilang di kancah nasional maupun internasional.

Usai memenangkan partai tunggal satu, Jessy Priskilla Rompies mengatakan bisa bermain santai dengan pengalaman yang telah dimilikinya.

“Pada pertandingan hari ini, kami levelnya masih di atas dari Sulawesi Selatan, jadi untuk hari ini kita memang bermain di atas angin,” ucapnya.

Di sisi lain, tim beregu putra Jawa Timur juga mampu mencetak skor 3-0 secara konsisten dan menjadi juara pada pool-nya. Tim putra yang diperkuat oleh petenis senior, Christopher Rungkat dan David Agung Susanto, serta petenis muda yang tengah naik daun, Muhammad Rifqi Fitriadi dan Anthony Susanto, sukses melibas lawan-lawannya dengan mudah.

Baca juga: Tenis - Turun di partai ganda, Aldila sempurnakan skor beregu Jatim
Baca juga: Aldila Sutjiadi: Pakaian pelapis tak ganggu pergerakan saat tanding


Setelah Jawa Timur, unggulan kedua fase gugur nomor beregu putra diisi oleh DI Yogyakarta, sedangkan beregu putri ditempati oleh Jakarta.

Lalu, unggulan ketiga untuk nomor beregu putra ditempati oleh Kalimantan Selatan, sedangkan nomor beregu putri ditempati oleh Jawa Barat.

Terakhir, posisi unggulan keempat untuk nomor beregu putra dan putri diborong oleh Papua Barat.

Keempat unggulan tersebut akan melawan kontingen lain yang menjadi runner up pada pertandingan babak perempat final yang digelar pada Kamis.

Berikut jadwal pertandingan babak perempat final nomor beregu putra dan putri:

Lapangan tenis Stadion Harapan Bangsa

Lapangan 1: Bangka Belitung vs Papua Barat (Beregu putra)
Lapangan 2: Jawa Timur vs Aceh (Beregu putra) | Jawa Timur vs Aceh (Beregu putri)
Lapangan 3: Kalimantan Timur vs DI Yogyakarta (Beregu putra)
Lapangan 4: Nusa Tenggara Barat vs Jawa Barat (Beregu putri)
Lapangan 5: Sulawesi Selatan vs Jakarta (Beregu putri)

Lapangan Blang Oi

Lapangan 1: Kalimantan Selatan vs Jawa Barat (Beregu putra)
Lapangan 2: Papua Barat vs Kalimantan Selatan (Beregu putri)

Baca juga: Tenis - Janice Tjen akui masih beradaptasi pada PON pertamanya
Baca juga: Pertandingan soft tenis hari pertama perebutkan 8 besar nomor tunggal

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024