Banda Aceh (ANTARA) - Pertandingan hari pertama cabang olahraga soft tenis Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 memperebutkan posisi delapan besar pada nomor tunggal putra dan putri.

Dilansir dari keterangan resmi yang diterima di Banda Aceh, Rabu, pertandingan hari pertama diikuti oleh 13 atlet putri dan 16 atlet putra serta digelar di dua lokasi, yakni Lapangan Soft Tenis Mapolda Aceh dan Lapangan Jasdam TNI, Banda Aceh.

Sejak pertandingan dimulai pada pukul 10.00 WIB, seluruh atlet bertanding dengan sengit demi lolos ke dalam posisi delapan besar, salah satunya adalah atlet putri asal Sulawesi Utara, Anadeleyda Kawengian.

Ana, sapaan akrabnya, masuk dalam Pool A. Ia berhadapan dengan wakil Jawa Tengah Allif Nafiiah. Perjuangannya untuk mencetak skor berbuah manis. Ia sukses masuk ke babak kedua atau posisi delapan besar usai menempati posisi kedua dalam pool-nya.

Ia mengatakan, keberhasilan pertamanya ini dipersembahkan untuk kampung halamannya, Sulawesi Utara.

“Ini adalah PON pertama cabang soft tenis digelar. Saya ingin membuktikan dan menjadi bagian dari sejarah untuk membawa harum nama daerah saya, yaitu Sulawesi Utara,” kata dia.

Baca juga: Cabang olahraga soft tenis siap dipertandingkan perdana di PON XXI

Ana yang pada SEA Games 2019 lalu meraih medali perunggu itu juga bertekad untuk bisa memberikan medali emas kepada Sulawesi Utara.

“Di babak utama nanti saya akan mengeluarkan seluruh kemampuan agar bisa terus hingga ke babak final. Saya akan bertanding semaksimal mungkin untuk meraih medali emas di Aceh ini,” ucapnya.

Sementara itu, Technical Delegate (TD) soft tenis PON XXI, Damrah, mengapresiasi penampilan para atlet yang telah bekerja keras menunjukkan penampilan terbaik mereka demi mengharumkan nama daerahnya masing-masing.

“Salut kepada para atlet soft tenis PON tahun ini. Pastinya pemain yang masuk ke babak kedua adalah pemain terbaik dari masing-masing provinsi. Mudah-mudahan muncul pemain terbaik dari yang baik,” kata dia.

Berikut daftar pemain yang lolos ke babak kedua atau delapan besar nomor tunggal:

Putra:
1. Bagus Angga (Jakarta)
2. Gusti Jaya Kusuma (Jawa Timur)
3. Maulidan (Aceh)
4. M. Fajar Amarta (DI Yogyakarta)
5. Marie Muhammad (Kalimantan Timur)
6. Risky Syahputra (Sumatera Barat)
7. Pande Surya Anggara (NTB)
8. Reza Fahlefi (Jawa Tengah)

Putri:
1. Anadeleyda Kawengian (Sulut)
2. Alifa Siti Marwah (Aceh)
3. Allif Nafiiah (Jawa Tengah)
4. Hanifah Rahmah (DI Yogyakarta)
5. Fikratus (Sumatera Barat)
6. Salsabila (Kalimantan Timur)
7. Oxy Grafitasi (Jakarta)
8. Herafita Taher (Jawa Timur)

Baca juga: Persiapan soft tenis PON XXI sudah hampir 100 persen

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024