Kerja sama ini merupakan salah satu strategi dalam memberikan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menjalin kerja sama dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) untuk memberikan akses pembiayaan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kerja sama ini merupakan salah satu strategi dalam memberikan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM, khususnya pada segmen usaha mikro yang selama ini kurang terlayani oleh sektor perbankan,” kata Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Melalui sinergi ini, BNI memanfaatkan kolaborasi dengan Amartha untuk memperkuat penetrasi pembiayaan hingga ke kelompok-kelompok usaha di rural area yang masih terkendala akses perbankan.

Kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang besar bagi ribuan usaha mikro yang sebagian besar dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga di berbagai daerah untuk mendapatkan tambahan permodalan dengan lebih mudah dan cepat.

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk mendorong UMKM Nasional menuju Go Produktif, Go Digital, dan Go Global,” tambah Corina.

Sementara itu, Direktur Amartha Budhi Siswoadji menambahkan, kolaborasi dengan BNI ini tidak hanya akan mempermudah akses modal bagi usaha mikro, tetapi juga akan membantu mempercepat proses digitalisasi UMKM di berbagai wilayah Indonesia.

“Kolaborasi ini membuka peluang bagi ribuan usaha rumahan untuk berkembang lebih cepat dengan bantuan permodalan yang lebih mudah diakses,” tutur Budhi.

Ke depan, kolaborasi antara BNI dan Amartha diharapkan dapat meningkatkan scaling impact, mempercepat digitalisasi UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata.

Langkah ini merupakan bagian dari visi besar menuju tercapainya Indonesia emas 2045, di mana kesejahteraan masyarakat diharapkan dapat lebih merata dengan dukungan ekonomi inklusif.

Baca juga: BNI masuk daftar 100 perusahaan terbesar RI versi Fortune Indonesia
 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024