membahas tentang Reposisi Dewan Pendidikan dan Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
Makassar (ANTARA) - Rapat Koorrdinasi Nasional III Forum Dewan Pendidikan Indonesia diikuti ratusan pengurus Dewan Pendidikan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

"Ratusan pengurus Dewan Pendidikan Indonesia ini berkumpul di Makassar pada 11 hingga 13 Sepertember 2024," kata Ketua Panitia Pelaksana, Aminuddin Tarawe di Makassar, Rabu.

Rakornas yang berlangsung di salah satu hotel berbintang di Makassar ini, selama kegiatan akan membahas tentang Reposisi Dewan Pendidikan dan Pembangunan Pendidikan di Indonesia.

Menurut Aminuddin, pada Rakornas akan membahas program kerja dan penguatan kelembagaan Dewan Pendidikan. Karenanya panitia mengundang Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek, Nadiem Makarim untuk hadir dalam forum ini.

“Mas Menteri bakal diwakili salah satu Dirjen di forum ini. Sudah ada konfirmasinya,” katanya.

Selain Nadiem, anggota Komisi X DPR RI, Prof Zainuddin Maliki dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr Ashabul Kahfi juga diundang sebagai narasumber. Zainuddin akan berbicara tentang pendidikan umum, sementara Kahfi mengulas pendidikan agama.

Sementara narasumber lainnya adalah Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Karta Jayadi, MSn akan membahas posisi kampus sebagai produsen tenaga pendidik.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang membuka secara resmi forum ini menjadi pembicara kunci siap memaparkan pembangunan pendidikan di Kota Makassar.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo menyambut hangat kedatangan peserta Rakornas di Bumi Anging Mammiri.
"Sebagai tuan rumah, kami siap menjadi pelayan bagi delegasi Dewan Pendidikan dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia," katanya.

Selain rapat pleno, Rakornas juga akan diwarnai dengan sidang komisi. Steering Committe sudah membagi atau mengelompokkan peserta dalam tiga komisi.

Komisi A akan membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Dewan Pendidikan. Lalu Komisi B membahas rekomendasi, serta Komisi C membahas program kerja Forum Dewan Pendidikan Indonesia.
Baca juga: JK harap pendidikan tinggi Islam dapat dipusatkan di Asia Tenggara
Baca juga: KONI minta mini soccer disosialisasikan pada semua jenjang pendidikan
Baca juga: Jusuf Kalla: Masjid berperan sebagai pusat pendidikan

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024