Kami berharap program pembinaan ini berkelanjutan, dan memberikan manfaat
Majalengka (ANTARA) - Astra Tol Cipali bersama Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim mengadakan pembekalan bagi guru dan kepala sekolah di Kabupaten Majalengka Jawa Barat, guna mendukung tenaga pendidik dalam menyusun program pembelajaran siswa untuk tahun ajaran 2024/2025.

“Kami menggelar Rapat Kerja Sekolah Binaan pada 9-10 September 2024 di Lembang Jawa Barat, untuk mendukung perkembangan pendidikan khususnya di Majalengka,” kata  Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali Sri Mulyo dalam keterangannya di Majalengka, Rabu.

Sri menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta terdiri atas kepala sekolah, guru, dan komite sekolah.

Seluruh peserta berasal dari lima sekolah binaan Astra Tol Cipali, yakni SD Negeri 2 Cidenok, SD Negeri 3 Garangwangi, SD Negeri 2 Lojikobong, SD Negeri 2 Bongas Wetan, serta SD Negeri 3 Bongas Kulon.

Ia mengatakan, setiap peserta diberikan pembekalan secara intensif, untuk menyusun program pendidikan yang bisa diterapkan di daerah asalnya.

Kegiatan ini, katanya0, diawali dengan pemberian materi tentang growth mindset yang disampaikan oleh Yossy Rachmawati dari Inspirasi Foundation.

Menurutnya, pemaparan materi tersebut bertujuan supaya kepala sekolah dan guru dapat mengadopsi pola pikir positif untuk membantu siswa mengembangkan bakat dan minat mereka.

“Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan program kerja unggulan sekolah, serta pernyataan komitmen bersama untuk memajukan sektor pendidikan,” ujarnya.

Sri menyampaikan pihaknya juga menambah cakupan program, dengan memperkenalkan dukungan pada seni budaya dan kecakapan hidup untuk tahun ajaran ini.
Suasana diskusi program kerja sekolah tahun ajaran 2024/2025 pada kegiatan Rapat Kerja Sekolah Binaan Astra Tol Cipali di Lembang Bandung Jawa Barat, pada 9-10 September 2024. ANTARA/HO-Astra Tol Cipali.


Ia menyampaikan bahwa langkah ini bertujuan untuk membekali siswa, dengan keterampilan non-akademis yang berguna di masa depan.

Rangkaian acara berlanjut pada hari kedua dengan kegiatan team building, untuk meningkatkan kerja sama antartenaga pendidik dalam menerapkan program pendidikan yang sudah disusun pada acara tersebut.

Ia menekankan program ini sejalan dengan konsep Astra Sustainability Aspirations, yang memprioritaskan adanya keberlanjutan pada upaya peningkatan kualitas pendidikan di Majalengka.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kualitas pendidikan di Majalengka. Semoga program ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat saat ini maupun di masa mendatang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka Irma Agustini Pratiwi mengapresiasi program ini, karena dapat memberikan kontribusi positif terhadap sektor pendidikan di daerahnya.

Ia berharap program ini tidak hanya diselenggarakan sekali, tetapi dapat terus diadakan secara berkelanjutan untuk membantu pihaknya dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kami berharap program pembinaan ini berkelanjutan, dan memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan di Majalengka,” ujarnya.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024