Banda Aceh (ANTARA) - Atlet panjang tebing Bali, Desak Made Rita Kusuma Dewi bersiap memasuki Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk Piala Dunia Panjat Tebing 2024 di Korea Selatan.

"Saya balik ke camp pelatnas untuk kembali berlatih meningkatkan kapasitas diri," kata Desak Made Rita Kusuma Dewi ditemui setelah merebut medali perak PON XXI di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu.

Ada pun latihan tersebut untuk memperbaiki catatan waktu, lebih fokus hingga menjaga kestabilan emosi dan ketenangan diri.

"Kami lebih kepada catatan waktu, best time (waktu terbaik), fokus dan menenangkan diri," ucapnya.

Baca juga: Panjat tebing - Desak Rita meraih medali perak

Sementara itu, pelatih tim panjat tebing Bali Suhardi Eka Prasetya menambahkan Desak Rita akan kembali berlatih intensif di Pelatnas pada 15 September 2024.

Selain Desak, lanjut dia, sejumlah atlet juga melakukan latihan yang sama di Pelatnas di antaranya Rajiah Sallsabillah, Puji Lestari hingga Veddriq Leonardo.

"Mudah-mudahan di Korea Selatan hasilnya bagus," ucapnya.

Sesuai jadwal Federasi Internasional Panjat Tebing (IFSC), kejuaraan dunia panjat tebing 2024 itu akan digelar di Kangnam Spots Climbing Center, Gangnam-gu Seoul, Korea Selatan.

Ada tiga kategori yang dipertandingkan yakni boulder, lead dan speed yang rencananya berlangsung pada 2-6 Oktober 2024.

Desak Rita rencananya turun pada nomor pertandingan speed perorangan putri.

Hingga saat ini, Desak Rita memiliki catatan waktu terbaik 6,36 detik saat berlaga pada babak perempat final nomor pertandingan speed perorangan putri di Olimpiade Paris 2024.

Sayangnya, langkahnya terhenti di perempat final Olimpiade Paris setelah dikalahkan wakil dari China, Deng Lijuan.

Baca juga: FPTI siapkan atlet Bali ikuti Piala Dunia Panjat Tebing di Korsel 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024