Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua terus berkomitmen akan memberikan pelayanan keimigrasian d PLBN Mota Ain dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan dan kepastian hukum bagi setiap pelintas batas
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan bahwa hingga pukul 18.00 WITA setelah ditutupnya jam operasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain, jumlah peziarah yang kembali ke Indonesia melalui PLBN tersebut mencapai 811 pelintas.

“Update terkini, jumlah pelintas batas melalui di gedung kedatangan PLBN Mota Ain berjumlah 811 orang pelintas,” kata Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Atambua Reza Riansyah Abdullah ketika dihubungi dari Kupang, Rabu malam.

Hal ini disampaikannya ketika ditanyai seputar kepulangan peziarah yang merupakan WNI yang sempat melintas ke Timor Leste untuk mengikuti misa akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus usai melakukan kunjungan apostoliknya ke Indonesia dan Papua Nugini.

Jumlah peziarah yang melintas itu terdiri dari 733 pelintas asal Indonesia dan 78 pelintas dari luar Indonesia atau berkewarganegaraan asing.

“Selain itu juga dari jumlah tersebut tercatat kurang lebih 95 kendaraan yang melintas kembali ke Indonesia,” tambah dia.

Baca juga: BPIP: Kerukunan Sri Paus dan Imam Besar Istiqlal jadi teladan beragama

Jumlah tersebut jika dirincikan terdiri dari 87 kendaraan plat Indonesia dan delapan kendaraan plat Timor Leste.

Dia mengatakan bahwa terhitung sejak Senin (9/9) hingga Selasa (10/9) kemarin jumlah peziarah yang masuk ke Timor Leste untuk menghadiri misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus mencapai 970 peziarah.

Jika dihitung dari jumlah yang kembali kemungkinan beberapa peziarah baru masih berada di Timor Leste dan baru akan kembali dalam beberapa hari kedepan.

Menurut Reza kemungkinan bertambahnya peziarah yang masuk ke Indonesia hanya sedikit karena sudah banyak yang melintas masuk kembali ke Atambua

⁠Reza menambahkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua terus berkomitmen akan memberikan pelayanan keimigrasian d PLBN Mota Ain dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan dan kepastian hukum bagi setiap pelintas batas.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024