Medan (ANTARA) - Tim biliar Sumatera Utara dan tim Aceh selaku tuan rumah PON Aceh-Sumut 2024 akan beradu kemampuan untuk memperebutkan medali emas nomor english billiard 250 point double di Pardede Hall, Medan.

Kedua tim memastikan tempat di partai final setelah menyingkirkan lawan masing-masing dalam laga semifinal, Rabu petang.

Tim Sumatera Utara yang diwakili pasangan pebiliar Marlando Sihombing/Jaka Kurniawan memastikan lolos ke final setelah mengalahkan wakil Jawa Barat Irwanto Sitepu/M Zulfikri dengan skor 252-232.

Sedangkan pasangan pebiliar Aceh Ronni Satria/Andy Heryanto berhasil mengantongi kemenangan setelah mengatasi perlawanan ketat dari wakil Jawa Barat Ronaldo Pinzo/Sumarno yang berakhir dengan skor 2-1.

Laga final yang bakal berlangsung pada Kamis (12/9) merupakan momentum bagi kedua tim menambah medali emas bagi kontingen mereka.

Bagi Marlando/Jaka, partai pamungkas nomor english billiard 250 point double itu menjadi peluang untuk menambah pundi medali emas mereka.

Baca juga: Biliar - Bali buka peluang tambah emas usai singkirkan Sumut Sebelumnya, jagoan tuan rumah itu telah mengantongi satu medali emas dari nomor english billiard frame double setelah mengalahkan pasangan Jakarta Jahja Johanes Halim/Toni Setiadi dengan skor 3-1.

"Kami terus mengevaluasi setiap pertandingan kami maupun lawan yang akan kami hadapi sehingga kami lebih siap untuk laga selanjutnya," ujar Marlando.

Sementara itu, Ronni/Andy juga bertekad memenangkan laga tersebut untuk menyabet medali emas pertama Aceh dari cabang biliar.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, cabang olahraga biliar memainkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker, diikuti 141 atlet terdiri dari 127 atlet putra dan 14 atlet putri yang berasal dari 32 provinsi.

Baca juga: Dua tim Jawa Barat melaju ke semifinal biliar PON Aceh-Sumut
Baca juga: Kalahkan Jawa Barat, pebiliar Desi Arista tambah emas untuk Jakarta


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024