Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Manajer tim wushu Jawa Timur Sherly Hoediono mengatakan pihaknya memasang target enam medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Target tersebut sama dengan jumlah raihan medali emas yang mereka peroleh di gelaran PON XX Papua. Saat itu, Jawa Timur menjadi juara umum dengan enam medali emas, empat perak, dan lima perunggu.

"Targetnya saya berusaha menyesuaikan dengan yang lama semaksimal mungkin. Saya bisa bilang targetnya enam," kata Sherly di GOR Disporasu Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu.

Sherly mengatakan target tersebut tidak akan mudah untuk dicapai, mengingat tiga atlet peraih emas di PON sebelumnya telah pensiun.

Tiga atlet tersebut, yaitu Williams Ajinata, Felda Elfira, dan Bobie Valentinus, merupakan pilar utama tim. Kini, Saat ini, kata dia, Jawa Timur harus mengandalkan atlet-atlet muda yang baru bergabung di pusat pelatihan daerah untuk mencapai target tersebut.

Sherly mengatakan Jawa Timur akan bertumpu pada nomor taolu. Di nomor ini, mereka mengandalkan sejumlah atlet, seperti Muhammad Daffa Golden Boy dan Seraf Naro Siregar di nomor chanquan putra.

Selain itu, Alisya Mellynar di nomor taijijian putri dan duet Natalie Chriselda Tanasa dan Benedicta Rafaella Karoluisa Prasetyo di nomor duilian juga diharapkan bisa memberikan kontribusi besar untuk mendulang emas.

Sementara itu, di nomor baru wing chun, Jawa Timur berusaha mencuri medali emas. Sherly mengatakan meskipun ini pertama kalinya nomor wing chun dipertandingkan di PON, dirinya melihat peluang besar setelah atlet putra dan putri Jawa Timur berhasil meraih emas dan perak nomor wing chun di ajang pra PON.

Untuk kategori sanda, Jawa Timur juga berupaya merebut setidaknya satu medali emas. Meski nomor ini belum memberikan medali emas bagi Jatim di PON sebelumnya, namun Sherly tetap optimis anak asuhnya bisa mengunci satu tempat di podium tertinggi.

Tim wushu Jawa Timur telah menjalani persiapan intensif selama enam bulan terakhir, termasuk mengirim tim taolu untuk mengikuti kamp pelatihan di China satu setengah bulan yang lalu.

Selain itu, tim Jawa Timur juga diperkuat oleh dua pelatih asing dari China untuk meningkatkan performa atlet.

Sherly berharap atlet-atletnya bisa bermain lepas dan memberikan penampilan terbaik selama pertandingan tanpa harus terbebani target untuk meraih medali.

"Saya berharap para atlet bisa bermain maksimal, lupakan target. Pokoknya bertanding saja. Masuk lapangan, keluarkan yang terbaik apa yang dipunya," pungkas dia.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut akan digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Wushu - DKI Jakarta optimistis lampaui medali emas Sumatera Utara

Baca juga: Wushu - Tuan rumah targetkan dulang 10 medali emas

Baca juga: Nomor wing chun cabang olahraga wushu perdana dipertandingkan di PON

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024