Takengon (ANTARA) - Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Armand Van Kempen menyebut Danau Lut Tawar, Takengon, Aceh Besar berpotensi untuk diajukan sebagai tuan rumah kejuaraan Asia atau Asia Triathlon Cup.

Armand Van Kempen mengatakan bahwa Danau Lut Tawar mempunyai kemiripan dengan sejumlah danau yang berada di Selandia Baru yang menawarkan pemandangan bukit eksotis. Selain itu menurut Armand di Danau Lut Tawar memang suhu dan temperatur udara sangat cocok digunakan sebagai perlombaan triathlon.

"Arena kalau kami lihat di sini ya sama dengan Selandia Baru-nya di Indonesia dari sini. Kita lihat danaunya dikelilingi dengan bukit ya, bahkan temperaturnya juga bagus. Susah mendapatkan temperatur seperti ini. Temperatur ini mungkin hanya ada di Takengon ya, di venue-venue lomba itu," ujar Armand Van Kempen kepada pewarta, Rabu.

"Jadi kami beberapa kali membuat lomba di Papua juga, kita buat lomba di Kalimantan, Sulawesi. Baru kali ini kita dapat atitude yang tinggi sampai 1200 dengan temperatur udara sampai 16 derajat. Ini yang betul-betul kita cari. Dan tadi kami sampaikan juga kepada Bapak Bupati, PJ Bupati dan Ketua KONI pusat menyampaikan harapan kami diakomodir dan di fasilitasi untuk diadakan kejuaraan seri Asia tahun depan disini satu seri," imbuh Armand.

Armand berharap mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun pemerintah setempat untuk dapat mengajukan Danau Lut Tawar sebagai salah satu arena tuan rumah Asia Triathlon Cup ke depannya.

Ditanya mengenai kemungkinan Danau Lut Tawar sebagai salah satu tempat pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia, Armand mengatakan bahwa hal tersebut sangat berpotensi mengingat temperatur yang begitu bagus.

Danau Lut Tawar kini terpilih sebagai arena triathlon untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Di Danau Lut Tawar dipertandingkan delapan nomor lomba diantaranya standar distance triathlon pa/pi, sprint distance triathlon pa/pi, sprint distance aquathlon pa/pi dan sprint distance duathlon pa/pi.


Baca juga: Triathlon - Renata harap ada ajang lain di Danau Lut Tawar

Baca juga: Cali Amaral terkesan dengan arena triathlon Danau Lut Tawar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024