Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak masyarakat dan semua pihak untuk menjaga, memanfaatkan, dan mengawasi fasilitas olahraga serta sarana pendukung lainnya yang digunakan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh 2024.

Dia menyebutkan sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan PON XXI dibangun dengan biaya yang besar menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Mari kita manfaatkan, awasi, dan rawat dengan baik,” ucap Fatoni dalam konferensi pers di Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Ia menilai penyelenggaraan PON XXI di Sumut menjadi momentum yang sangat penting untuk memajukan daerah di segala bidang, terutama olahraga. Apalagi, lanjut dia, belum tentu Sumut akan kembali menjadi tuan rumah PON dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, Fatoni mengajak seluruh lapisan masyarakat Sumut agar memanfaatkan penyelenggaraan PON kali ini untuk mempromosikan segala potensi Sumut yang dimiliki.

Menurut dia, Sumut memiliki alam yang sangat indah, budaya yang kaya, makanan yang lezat, serta produk UMKM yang bervariasi serta berkualitas.

“Terus terang, rugi kalau ke Sumut hanya sebentar dan sekilas. Makanan di sini bervariasi dan sangat enak,” ungkap dia.

Terkait dengan kompetisi di arena PON 2024, dirinya berharap para atlet dapat tampil maksimal dan memecahkan rekor nasional, regional, bahkan internasional.

Dia pun turut menginginkan agar kehidupan atlet dan keluarganya sejahtera. Untuk itu selain menjanjikan bonus bagi para peraih medali di PON, Pemprov Sumut juga baru-baru ini telah mendirikan yayasan olahraga yang bertujuan menyejahterakan kehidupan atlet dan keluarganya.

Yayasan dengan nama Gelang Galang Gemilang Indonesia tersebut diharapkan menjadi tempat berkumpulnya para atlet Sumut lintas generasi, sehingga terjadi transfer pengetahuan demi kemajuan prestasi olahraga di provinsi itu.

Fatoni juga berharap nantinya akan lahir berbagai atlet nasional Indonesia dari Sumut dengan prestasi mendunia. Dengan demikian, Pj Gubernur Sumut itu mengajak semua pihak untuk menyukseskan penyelenggaraan PON tahun ini.

“Mari kita semua berbuat baik demi kemajuan Sumut dan Indonesia," ucap Fatoni.

Baca juga: PJ Gubernur: Stadion Utama Sumut siap 96 persen untuk penutupan PON

Baca juga: Pj Gubernur Sumatera Utara harapkan publikasi PON gaungkan persatuan

Baca juga: Kemenpora nilai PON berperan dalam persatuan dan kesatuan bangsa

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024