Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Senin pagi melantik pejabat eselon I deputi dan staf ahli Kementerian BUMN dalam rangka reorganisasi di lembaga tersebut.

Kini organisasi eselon I Kementerian BUMN adalah Sekretaris Kementerian, Deputi Bidang Usaha Industri Argo dan Industri Strategis, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, dan Perhubungan, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis.

Dalam pergantian kedeputian tersebut, Dahlan memberhentikan pejabat yang lama lalu kemudian mengangkat kembali sesuai dengan penempatannya dan nama baru kedeputian masing-masing.

Susunan pejabat baru eselon 1 yang diangkat yaitu Deputi Bidang Usaha Agro dan Industri Strategis (Muhammad Zamkhani), Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik dan Perhubungan (Dwijanti Tjahjaningsih), Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Kontruksi dan Jasa lain (Gatot Trihargo), Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis (Harry Susetyo).

Selanjutnya, Staf Ahli Bidang Tata Kelola dan Sinergi Antar BUMN (Achiran Pandu Djajanto), Staf Ahli Bidang Investasi dan Strategi BUMN (Herman Hidayat).

Susunan deputi dan staf ahli yang lama dijabat oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis, Wahyu Hidayat, Deputi Bidang Usaha Jasa Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Primer, Muhammad Zamkhani, Deputi Bidang Usaha Industri Strategis dan Manufaktur, Dwijanti Tjahjaningsih, Staf Ahli Bidang Tata Kelola BUMN, Harry Susetyo, Staf Ahli Bidng Sumberdaya Manusia dan Teknologi, Achiran Pandu Djajanto, Staf Ahli Bidang Investasi dan Sinergi BUMN, Herman Hidayat.

Hadir sejumlah pejabat BUMN dalam acara pelantikan tersebut, antara lain Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman, Direktur Utama BTN Maryono, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar, Direktur Utama KBN Sattar Taba, Direktur Utama Perhutani Bambang Sukmananto, Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan, Direktur Utama Bank Mandiri Budi Sadikin, Direktur Utama Pegadaian Suwhono.

Dahlan mengatakan, bahwa pengangkatan deputi baru sesuai dengan kemampuan dan sengaja didominasi orang muda.

Sesaat pelantikan berlangsung, Dahlan yang juga peserta konvensi capres Partai Demokrat ini pun mengaku baru pertama kali memimpin prosesi pengangkatan petinggi Kementerian BUMN.

Sambil menanyakan protokoler Dahlan mengatakan, "Saya belum pengalaman melantik. Anda petugasnya? Sumpahnya berapa? Susanan acaranya apa?" ujar Dahlan.

Begitu juga saat pembacaan sumpah jabatan yang seharusnya dipandu oleh Dahlan, malah diserahkan kepada Dwijanti Tjahjaningsih, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik dan Perhubungan untuk maju dan membacakan sumpah yang diikuti oleh pejabat lainnya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014