• Melansir Novaplex™ MPXV/OPXV plus Assay (RUO) untuk mendeteksi Clade I, varian virus mpox yang menimbulkan penyebaran penyakit dan kasus kematian yang lebih tinggi dibandingkan varian Clade II
  • Memenuhi profil produk sasaran WHO dan mendeteksi varian virus secara akurat
  • Menjadi perangkat penting bagi tenaga medis yang meneliti penyebaran mpox di seluruh dunia sehingga mendukung penanganan global
Seoul, Korea Selatan, (ANTARA/PRNewswire)- Seegene Inc., perusahaan Korea Selatan dan pemimpin pasar solusi diagnostik molekuler PCR yang menyediakan solusi lengkap, hari ini mengumumkan rencana peluncuran jenis baru alat tes PCR yang hanya digunakan untuk kepentingan riset (research-use-only/RUO) untuk menangani penyebaran varian virus mpox, Clade Ib, yang saat ini banyak ditemui di Afrika.

Produk yang baru dilansir Seegene, Novaplex™ MPXV/OPXV plus Assay (RUO), mampu mendeteksi tiga target penyebab penyakit monkeypox: non-variola Orthopoxvirus (OPXV) dan monkeypox virus (MPXV) dengan konfirmasi spesifik MPXV Clade I. MPXV Clade I menimbulkan penyebaran penyakit dan tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan MPXV Clade II.

Alat tes ini memenuhi profil produk sasaran (target product profiles/TPPs) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai panduan bagi pihak produsen, pemasok, dan peneliti ketika mengembangkan alat tes baru yang mendeteksi virus penyebab mpox. Lebih lagi, alat tes ini telah sesuai dengan kriteria analisis sasaran untuk membedakan virus Clade I dan II.

Seegene cepat merespons status darurat kesehatan publik global (PHEIC) yang dikeluarkan WHO pada Agustus 2024 setelah mpox mewabah dengan mengembangkan dua alat tes yang mampu mendeteksi virus mpox. Seegene juga berencana memasok produk tersebut kepada negara-negara yang membutuhkannya.

Alat tes Seegene Novaplex™ MPXV/OPXV Assay (RUO) mendeteksi MPXV Clade I dan Clade II, serta infeksi OPXV, sedangkan Novaplex™ HSV-1&2/VZV/MPXV Assay (RUO) mampu mendeteksi empat virus, termasuk including MPXV, herpes simplex virus (HSV) Types 1 dan 2, serta varicella-zoster virus (VZV) secara sekaligus. Produk-produk ini juga telah sesuai dengan TPPs yang diterbitkan WHO.

"Di tengah kasus mpox terus menyebar, kami telah mengembangkan alat tes RUO baru yang mendeteksi virus penyebab mpox demi memenuhi kebutuhan riset di negara-negara terdampak. Kami berkomitmen mendukung upaya global untuk menghambat penyebaran mpox," jelas Daniel Shin, Executive Vice-President serta Chief Global Sales and Marketing Officer, Seegene.

Pada 2022, berkat keahlian dalam pengembangan reagen yang dirancang khusus, serta sistem pengembangan reagen otomatis (SGDDS), Seegene menciptakan Novaplex™ MPXV Assay (RUO).

Pada periode Januari 2024-6 September 2024, kasus suspek mpox telah mencapai 24.851, kasus terkonfirmasi mencapai 5.549, serta kasus kematian mencapai 643 di negara-negara anggota Uni Afrika, menurut data Africa Centres for Disease Control and Prevention (Africa CDC). Varian mpox kini menyebar di luar Afrika, termasuk Swedia, Filipina, Filipina, Yordania, dan Thailand.

Tentang Seegene  

Seegene telah menjalankan kegiatan litbang (R&D), manufaktur, dan bisnis teknologi PCR multiplex selama 23 tahun. Pengalaman Seegene terbukti ketika pandemi Covid-19 terjadi. Saat itu, Seegene menyediakan lebih dari 340 juta alat tes Covid-19 untuk lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Teknologi PCR multipleks Seegene mampu mengetes 14 patogen yang menyebabkan gejala serupa secara sekaligus dalam satu tabung. Teknologi ini juga menyediakan hasil kuantitatif tentang profil infeksi yang berhubungan dengan perkembangan penyakit.

Informasi lebih lanjut: Seegene.com dan media sosial Seegene linkedin.com/company/seegene-inc

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024