Tabalong, Kalsel (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengajak pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menerapkan pembelajaran membangun fondasi anak agar melahirkan generasi berkualitas.

Widya Prada Ahli Utama Dirjen PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek Sutanto menyatakan itu saat Jambore Adaro PAUD Berkarakter 2024 di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu.

Sutanto mengatakan pendidikan periode usia dini sangat penting untuk membangun fondasi anak. "Melalui pembelajaran enam fondasi, guru bisa mengenalkan agama dan budi pekerti kepada anak," kata Sutanto.

Selain itu Sutanto menuturkan perlu pembekalan keterampilan sosial dan bahasa yang memadai sehingga anak dapat berinteraksi secara sehat dengan temannya.

Baca juga: Iriana ajak pengajar PAUD waspadai stunting

Saat ini Sutanto menyampaikan Kemendikbudristek melaksanakan program PAUD holistik integratif sebagai upaya pengembangan anak usia dini untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

"Program ini upaya menyambungkan semua kebutuhan siswa yang dikelola beberapa instansi menjadi holistik dan integratif," tutur Sutanto.

Ia pun berharap Pemkab Tabalong dan para mitra, termasuk Adaro Group, bisa berkolaborasi meningkatkan daya tampung dan kualitas PAUD.

Penjabat (Pj) Bupati Tabalong Hamida Munawah mencatat 295 PAUD telah menerapkan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) dengan 1.424 guru dan 12.253 peserta didik.

Baca juga: Gaya Iriana Jokowi saat tantang pengajar PAUD Riau

"Saya mengajak para guru PAUD untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai tenaga pengajar yang handal untuk mencetak generasi emas pada masa depan," ucap Hamida.

Ketua Dewan Pengawas Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Mohammad Effendi mengungkapkan Adaro Group membina PAUD sejak 2011 pada 14 kabupaten/kota dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

"Terima kasih semua pihak yang terlibat dalam pembinaan guru PAUD sehingga capaian saat ini sangat baik," ungkap Effendi.

Baca juga: OASE ajak pengajar PAUD di Aceh sebarkan pendidikan berkarakter

Pewarta: Taufik Ridwan/Herlina Lasmianti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024