Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Pelaksana Shorinji Kempo Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 menyatakan persiapan pertandingan cabang olahraga tersebut pada pesta olahraga terbesar di Indonesia tahun ini sudah rampung dan tanpa kendala berarti.

"Untuk kempo, insyaallah tidak ada masalah lagi dan sudah siap untuk dilaksanakan," kata Ketua Panitia Pelaksana Shorinji Kempo PON Aceh-Sumut Islahuddin di Banda Aceh, Rabu.

Dia mengatakan, pertandingan Shorinji Kempo bakal digelar pada 17-20 September terpusat di Gedung Olahraga (GOR) KONI Aceh, di Banda Aceh.

Arena yang digunakan untuk pertandingan kempo sama dengan cabang olahraga hapkido yang saat ini pertandingannya sedang berjalan.

"Kita nanti setelah hapkido. Jadi kalau hapkido sudah tidak ada keluhan, mudah-mudahan pada pelaksanaan pertandingan kempo nanti juga tidak ada keluhan," ujarnya.

Untuk arena, lanjut dia, tidak ada perubahan lagi setelah sebelumnya gagal terlaksana di Kabupaten Pidie akibat infrastruktur yang belum memadai, sehingga harus dipindahkan ke GOR KONI Aceh.

Terkait persiapan lainnya, Islahuddin menuturkan bahwa sampai dengan hari ini hanya menunggu peralatan yang masih dalam proses mobilisasi, serta hal kecil lainnya.

Baca juga: Wushu - DKI Jakarta optimistis lampaui medali emas Sumatera Utara

Peralatan juga sebagian sudah datang dan masih terus berangsur, sebagiannya sudah kita tempatkan di gedung Kempo Aceh.

Artinya, hingga hari ini kepanitiaan hanya tinggal melaksanakan rapat-rapat untuk pengarahan serta penataan wasit saja.

"15-16 September nanti kita penataan wasit dulu sekaligus technical meeting. Kemudian pada 17 September kita sudah bisa mulai pertandingannya," demikian Islahuddin.

Adapun nomor yang dipertandingkan pada cabang Shorinji Kempo nantinya sebanyak 22 nomor.

Kemudian, kuota untuk peserta Shorinji Kempo adalah sebanyak 204 orang atlet yang sudah dinyatakan lolos babak kualifikasi. Jumlah tersebut belum termasuk atlet tuan rumah.

Baca juga: Wushu - Tuan rumah targetkan dulang 10 medali emas
Baca juga: Nomor wing chun cabang olahraga wushu perdana dipertandingkan di PON

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024