Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng) mengunci tiket final cabang olahraga bulu tangkis nomor beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 setelah menang 3-0 atas Jawa Barat (Jabar) pada semifinal di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Rabu.

Tiga wakil Jateng yang turun tanpa kesulitan berarti saat meraih kemenangan melawan Jabar, kecuali tunggal putra Zaki Ubaidillah yang memerlukan tiga gim untuk mengalahkan tunggal putra Muhammad Fachri Akbar Romadhon dengan skor 17-21, 21-18, 22-20.

Penentu kemenangan Jateng diraih oleh tunggal putra Richie Duta Richardo yang menang dua gim 21-10, 21-9 dari Ahmad Sasfariansyah Siregar.

"Terutama mau mengucapkan syukur sama terima kasih. Udah bisa kerjasama sih dengan tim," kata Richie ketika ditemui ANTARA setelah pertandingan, Rabu.

"Pertama kali main PON juga sih jadi ada rasa kayak senang gitu," tambahnya.

Richie, pebulu tangkis kelahiran Tanjung Pinang itu juga tidak merasa tegang sama sekali ketika berlaga menjadi penentu kemenangan.

Ia mengatakan dengan dua kemenangan yang didapatkan dua rekannya itu malah membuatnya kian percaya diri, apalagi ia baru saja tampil bagus ketika menjadi semifinalis Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 pada Juli lalu.

"Kalau 2-0 penentunya kayak tim udah menang 2-0 sih kayak makin pede," jelasnya.

Ditanya apa persiapannya pada laga final beregu putra pada besok Kamis (12/9), ia mengatakan pelatihnya Hayom Rumbaka hanya meminta tim untuk bermain menikmati pertandingan dan tampil maksimal.

"Coach bilang yang penting nggak usah terlalu buru-buru mikirin udah menang. Yang penting enjoy aja sama permainannya. Penting all out," tutupnya.

Selain beregu putra, beregu putri Jateng juga akan tampil di final melawan Jabar pada hari yang sama.

Baca juga: Salsabila Amiradana tak ingin Jateng "spaneng" di final beregu putri

Baca juga: Adu mental selama 4 jam 7 menit warnai perjalanan Jateng ke final


Berikut hasil semifinal beregu putra Jateng melawan Jabar, Rabu:

Zaki Ubaidillah 17-21, 21-18, 22-20 Muhammad Fachri Akbar Romadhon
Michael Owen/Yuke Gamareza 21-10, 21-18 Galuh Dwi Putra/Gibran Arfiansyah
Richie Duta Richardo 21-10, 21-9 Ahmad Sasfariansyah Siregar.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024