Kolaborasi ini menguatkan komitmen kami untuk memperluas akses kredit kepada UMKM yang belum terlayani
Jakarta (ANTARA) - Maybank mengumumkan investasi strategis di Grup Modalku, platform pendanaan digital untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara.

Sehubungan dengan investasi itu, Maybank akan mengeksplorasi sinergi kolaboratif dengan Grup Modalku untuk mendorong inklusivitas dan menjembatani kesenjangan pendanaan masyarakat luas.

"Maybank secara konsisten mendukung usaha kecil dan menengah, yang merupakan tulang punggung ekonomi ASEAN. Investasi kami di Grup Modalku menggarisbawahi komitmen kami untuk mendorong inklusi keuangan, sejalan dengan tujuan kami yaitu Humanising Financial Services," ujar President & Group CEO Maybank Dato' Khairussaleh Ramli dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Dengan memanfaatkan keahlian Maybank bersama platform digital Grup Modalku, lanjut dia, pihaknya berkomitmen mengembangkan ekosistem UKM yang kuat dan memastikan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi semua.

Transaksi ini merupakan investasi perdana dalam inisiatif terbaru di Maybank untuk secara strategis berinvestasi dan berkolaborasi dengan perusahaan terdepan dalam teknologi digital di ASEAN.

Investasi yang diberikan Maybank merupakan bagi dari upaya mempercepat inovasi dalam melayani komunitas UMKM. Hal ini sejalan dengan strategi M25+ Maybank, yang bertujuan mempercepat digitalisasi melalui pengelolaan ekosistem di dalam dan di luar sektor perbankan.

"Suatu kehormatan bagi kami atas dukungan dari Maybank, yang mencerminkan komitmen bersama untuk melayani UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kolaborasi ini menguatkan komitmen kami untuk memperluas akses kredit kepada UMKM yang belum terlayani dan menghadapi tantangan dalam manajemen arus kas, sebagai bagian dari upaya kami mendukung pelaku usaha mencapai potensi bisnis mereka," kata Country Head Modalku Arthur Adisusanto.

Grup Modalku adalah perusahaan teknologi finansial berskala regional yang berfokus pada pendanaan UMKM.

Sejak didirikan pada tahun 2015, Grup Modalku telah menyalurkan lebih dari Rp63 triliun dalam bentuk pendanaan bisnis, memberikan dampak positif kepada lebih dari 100 ribu bisnis di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Di Indonesia, Modalku merupakan salah satu pionir platform pendanaan digital yang telah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Maybank: Kredit tumbuh 11,9 persen capai Rp123,03 triliun di H1-2024
Baca juga: Moduit luncurkan layanan penasihat investasi berlisensi OJK


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024