Jakarta (ANTARA) - Sepanjang sejarah, banyak pemain bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih prestasi gemilang, membawa pulang gelar juara dari berbagai pertandingan bergengsi, dan memposisikan nama bangsa berada di kejuaraan dunia.
 
Dengan kemampuan dan aksi permainan bulu tangkis yang dimilikinya, pemain bulu tangkis Indonesia berhasil membawa kemenangan untuk negara. Sehingga, nama-nama pemain bulu tangkis ini semakin terkenal dan banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia.
 
Siapa saja pemain bulu tangkis tersebut? berikut ini adalah beberapa nama pemain bulu tangkis terkenal di Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa.
 
1. Taufik Hidayat
 
Taufik Hidayat adalah salah satu legenda bulu tangkis pemain tunggal Indonesia yang namanya sudah tak asing lagi. Dengan gaya permainan yang agresif dan pukulan backhand smash yang mematikan, Taufik berhasil meraih berbagai gelar juara, termasuk medali emas Olimpiade Athena 2004, Asian Games 2002 dan 2006, Juara Asia, Thomas Cup dan juara babak final BWF tahun 2005.
 
Kemenangannya menjadikan Taufik sebagai ikon bulu tangkis Indonesia yang dikenal di seluruh dunia dan namanya termasuk dalam Fantastic Four sehingga dijuluki "The Flamboyant".
 
2. Susi Susanti
 
Lucia Francisca Susi Susanti atau lebih dikenal dengan Susi Susanti merupakan sosok legendaris pemain bulu tangkis putri terbaik Indonesia. Ia pun dijuluki sebagai "Ratu Bulu Tangkis" pada masanya.
 
Sejak kecil ketika umur 14 tahun, Susi berhasil meraih 5 kali juara junior tingkat dunia, yakni pertandingan tunggal, ganda putri, campuran tahun 1985 dan pertandingan tunggal serta ganda putri tahun 1987 dalam juara World Championship Junior.
 
Nama Susi dikenal luas masyarakat Indonesia ketika berhasil memenangkan Olimpiade Barcelona 1992, ia pun mencetak sejarah menjadi peraih medali emas tunggal putri pertama di Olimpiade bagi Indonesia.
 
Selain itu, Susi juga memenangkan berbagai turnamen bergengsi lainnya, seperti All England, Kejuaraan Dunia IBF, Japan Open, Piala Sudirman, Indonesia Open, dan kemenangan bergengsi lainnya.
 
3. Rudy Hartono
 
Rudy Hartono adalah pemain bulu tangkis legendaris yang mendominasi era 1970-an. Namanya terkenal setelah berhasil meraih delapan gelar All England, di antaranya diraih secara berturut-turut dari 1968 hingga 1976. Rudy pun dijuluki sebagai "Raja All England".
 
Prestasi gemilang lainnya, Rudy juga pernah meraih juara Thomas Cup sebanyak empat kali, World Championship, dan kemenangan lainnya. Rudy Hartono tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di dunia internasional sebagai salah satu pemain bulu tangkis terbaik sepanjang masa.
 
4. Ricky Subagja
 
Ricky Subagdja adalah legenda bulu tangkis pemain spesialis ganda putra yang sukses mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang internasional.
 
Bersama pasangan mainnya, Rexy Mainaky, Ricky mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih berbagai gelar juara dunia, hingga mereka diberikan julukan "Duo R".
 
Turnamen bergengsi yang pernah ia raih kejuaraannya yakni mendali emas Olimpiade Atlanta 1996, Asian Games 1994 dan 1998, Juara Dunia 1995, serta All England 1995 dan 1996
 
5. Alan Budikusuma
 
Alan Budikusuma, salah satu legenda bulu tangkis Indonesia yang meraih kesuksesan besar pada era 1990-an. Walaupun sempat diragukan kemampuan bulu tangkisnya, kariernya mencapai puncak saat ia memenangkan medali emas di Olimpiade Barcelona 1992, sebuah prestasi luar biasa yang menjadikannya sebagai atlet berprestasi di Indonesia.
 
Moment tersebut bersamaan dengan Susi Susanti sebagai pacarnya yang juga berhasil meraih mendali emas pertandingan tunggal putri, sehingga mereka dijuluki sebagai "Pasangan Emas Olimpiade". Prestasi lainnya yang behasil ia raih yaitu Olimpiade Atlanta 1996, Piala Thomas 1996, dan kemenangan lainnya.
 
6. Liliyana Natsir
 
Liliyana Natsir, legendaris pemain ganda campuran terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Bersama pasangan pemainnya, seperti Nova Widianto dan Tontowi Ahmad, Liliyana meraih berbagai gelar juara, termasuk medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Piala Uber 2004, 2008, dan 2010, Piala Sudirman 2003-2015, dan Olimpiade Beijing 2008.
 
Dengan berbagai kemenangan yang telah diraihnya, ia pun mendapatkan penghargaan Hall of Fame 2022 dari BMF. Ketepatan dan kecerdasan Liliyana dalam bermain ganda campuran menjadikannya sebagai panutan bagi para pemain muda.
 
7. Kevin Sanjaya
 
Kevin Sanjaya adalah salah satu pemain bulu tangkis Indonesia yang pernah menduduki peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) ganda putra.
 
Dia terkenal berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, mereka dijuluki "Minions" karena postur tubuh mereka yang tingginya di bawah rata-rata pemain lain dan memiliki kecepatan dan kelincahan dalam permainan bulu tangkis.
 
Selama perjalanannya sebagai pemain bulu tangkis Indonesia, Kevin menjadi pemain terbaik dan kerap meraih medali dalam berbagai turnamen seperti di All England Terbuka tahun 2017 dan 2018, Asian Games tahun 2018, SEA Games tahun 2015, Pesta Olahraga Asia tahun 2018, dan kemenangan lainnya.
 
8. Jonathan Christie
 
Jonathan Christie adalah salah satu pemain bulu tangkis tunggal putra terbaik yang dimiliki Indonesia. Akrab disapa Jojo, ia memiliki gaya bermain yang cepat, penuh strategi, dan ketepatan pukulan kok yang dapat mengalahkan lawannya di dalam turnamen.
 
Jojo mulai dikenal dari kemenangannya meraih medali emas di Pesta Olahraga Asia 2018.
 
Sejak kecil Jojo sudah berhasil meraih kejuaraan turnamen bulu tangkis di Indonesia Internasional Challenge 2013. Selanjutnya, ia pun juga berhasil menang dalam turnamen Sea Games 2017, Asian Games 2018, hingga Piala Thomas 2021.
 
9. Greysia Polii
 
Greysia Polii menjadi salah satu pemain bulu tangkis ganda putri terbaik yang namanya mencuat setelah berbagai aksi dan kemenangan yang diraihnya di dalam turnamen.
 
Kariernya di dunia bulu tangkis dimulai sejak usia muda dan selama bertahun-tahun, ia telah menjadi andalan Indonesia di berbagai kejuaraan nasional dan internasional.
 
Salah satu pencapaian terbesar dalam karier Greysia adalah memenangkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 bersama pasangan pemainnya, Apriyani Rahayu. Kemenangan ini tidak hanya memposisikan Greysia sebagai salah satu pemain ganda putri terbaik dunia tetapi juga menjadi sejarah bagi Indonesia karena mereka menjadi pasangan ganda putri pertama dari Indonesia yang meraih emas di Olimpiade.
 
10. Apriyani Rahayu
 
Apriyani Rahayu adalah salah satu pemain bulu tangkis berbakat yang telah mencatatkan namanya di kancah nasional hingga internasional. Dirinya kerap berada di turnamen ganda putri.
 
Namanya pun mulai dikenal ketika berhasil mencetak sejarah baru bagi Indonesia dengan meraih mendali emas di Olimpiade Tokyo 2020 saat bermain turnamen ganda putri bersama Greysia Polii.
 
Sejak remaja Apriyani sudah aktif sebagai pemain tebaik bulu tangkis. Kemenangan lain yang pernah ia raih yakni Southeast Asian Games tahun 2021 dan 2019, SEA Games Manilia 2019, SEA Games Kuala Lumpur 2017, dan kemenangan lainnya.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024