Banda Aceh (ANTARA) - Tim judo Banten dan Jakarta masing-masing meraih dua medali emas pada final hari kedua PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Rabu.

Babak final hari kedua cabang olahraga judo, mempertandingkan nomor -73 kilogram putra, -81 kilogram putra, -90 kilogram putra, -57 kilogram putri, -63 kilogram putri, dan -70 kilogram putri.

Banten memperoleh dua emas pertamanya melalui atlet Dinny Febriany di nomor -57 kilogram putri dan Syerina -63 kilogram putri.

Sedangkan Jakarta menambah koleksi emas dengan perolehan dua medali yang diraih oleh Chandra Kurnia Rettob di nomor -73 kilogram putra dan Gerard Christopher George Pantouw di nomor -81 kilogram putra. Dengan begitu, Jakarta telah mengumpulkan total enam emas pada cabang olahraga judo.

Dinny Febriany menyumbangkan emas untuk Banten setelah mengalahkan perwakilan dari Bali yakni Ni Komang Sri Witari dengan memperoleh ippon di nomor -57 kilogram putri.

Sedangkan medali perunggu nomor -57 kilogram putri diraih oleh Anisa Agustina dari Jawa Barat dan Dewi Sinta dari Jakarta.

Kemudian, Syerina memperoleh emas setelah mencetak ippon di laga final -63 kilogram putri, menghadapi Irene Amarensi Pattipeme dari Jakarta.

Posisi ketiga pada nomor ini diduduki oleh dua atlet yakni Khasani Najmu Shifa dari Jawa Barat dan Maysara Atika Maharani dari Jawa Timur

Sedangkan di tim Jakarta, Chandra Kurnia Rettob menyabet emas usai unggul dari atlet judo Jawa Barat Iksan Apriyadi dengan perolehan skor 1-0 di nomor -73 kilogram putra.

Adapun peraih perunggu pada nomor pertandingan ini adalah Judo Arrasy Putra Kartanegara Jr dari Kalimantan Timur dan Mochammad Syaiful Raharjo dari Jawa Timur.

Emas kedua yang diperoleh Jakarta hari ini diperoleh Gerard Christopher George Pantouw di nomor -81 kilogram putra usai mengalahkan wakil Sumatera Utara Diki Hartato lewat kuncian selama 20 detik sehingga berhasil mencetak ippon.

Posisi Gerard dan Diki diikuti oleh Andika Ari Pratama dari Yogyakarta dan I Komang Ardiarta dari Bali sebagai peraih medali perunggu.

Selain Banten dan Jakarta, Jawa Barat juga membawa pulang emas di rangkaian final hari kedua dengan perolehan satu medali melalui atlet I Kadek Pasek Karisna yang menjuarai nomor -90 kilogram putra.

I Made Sastra Dharma dari Bali memenangkan perak dan Moses Manuputty serta Willi Pratama menerima medali perunggu.

Mengikuti Jawa Barat, tim judo Jawa Timur menyabet satu emas melalui atlet Hevrilia Windawati usai memenangkan laga final nomor -70 kilogram menghadapi Tika Syafitri dari Jakarta.

Pada nomor pertandingan ini, Nanda Olivia Banurea dari Sumatera Utara dan Siti Latipah dari Jawa Barat berkontribusi memberikan medali perunggu bagi kontingen mereka masing-masing.

Baca juga: Medali emas judo PON XXI 2024 jadi buah penantian Meli Marta Rosita

Baca juga: Maryam March Maharani pertahankan gelar juara judo -52 kg putri

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024