Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan bonus uang tunai senilai lebih dari Rp300 juta bagi atlet Sumut peraih medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh 2024.

"Kalau PON sebelumnya kan Rp300 juta untuk masing-masing peraih medali emas, tahun ini lebih dari itu. Berapa pastinya nanti akan saya umumkan supaya surprise," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Agus Fatoni dalam konferensi pers di Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Ia menegaskan, para atlet yang sudah bersusah payah dalam PON dan berhasil meraih medali emas patut diapresiasi dengan penghargaan serta bonus agar bisa hidup sejahtera.

Selain memberikan bonus, Agus merencanakan agar para atlet peraih medali emas tersebut nantinya bisa didorong untuk bekerja di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Maka dari itu, Pemprov Sumut ke depannya akan mendata seluruh atlet berprestasi di Sumut yang memerlukan pekerjaan maupun bantuan usaha.

Dia menyebutkan bantuan usaha yang rencananya akan diberikan antara lain berupa pembinaan keterampilan, sertifikasi, pemasaran, pengemasan gratis, dan sebagainya.

"Nanti bisa dibantu oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Dinas Koperasi dan UKM," katanya menambahkan.

Hingga saat ini, Kontingen Sumut masuk lima besar dalam perolehan medali, yakni dengan perolehan 19 medali emas, lima medali perak, dan 14 medali perunggu. Total perolehan medali Sumut sejauh ini mencapai 38 medali.

PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) di Stadion Utama Sport Center Sumut.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Stevanny raih medali emas keduanya bagi Sumatera Utara dari dancesport

Baca juga: Pentaque - Tim Sumut raih medali emas dan perunggu PON 2024

Baca juga: Dancesport - Aditya dan Archisya sumbang dua medali emas bagi Bali

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024