Medan (ANTARA) - Tim catur DKI Jakarta memborong empat medali emas nomor catur kilat PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung dua hari di Mickey Holiday, Berastagi, Sumatra Utara (Sumut).

Dalam pertandingan yang berakhir Rabu itu, Jakarta menggondol semua medali emas di empat kategori nomor catur yang hanya memberikan waktu 3 menit plus increament 2 detik kepada setiap pecatur itu, yakni kategori perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri.

Di kategori perorangan putra, medali emas untuk Jakarta dipersembahkan oleh Grand Master (GM) Novendra Priasmoro yang membukukan 7,5 poin. Medali perak diraih Jawa Barar melalui Master Fide (MF) Arif Abdul Hafiz dengan 6,5 poin. Perunggu disabet Kandidat Master Muhammad Kamalsyah dari Kalbar dengan 6 poin.

Kemenangan Novendra diiringi Master Internasional Wanita (MIW) Ummi Fisabilillah di nomor perorangan putri dengan meraih poin sempurna (8,0 poin) dalam 8 babak.

Ummi mengugguli unggulan pertama Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Irene Kharisma dari Jabar yang harus puas dengan medali perak. Irene mengemas 6,0 poin, sama dengan poin yang didapat pecatur Kalimantan Timur MIW Chelsie M Sihite.

Chelsea harus puas kebagian perunggu karena kalah dalam penghitungan Tiebreak dari Irene.

Dominasi DKI Jakarta berlanjut di beregu putra dan beregu putri.

Regu putra Jakarta yang diperkuat Master Fide (MF) Masruri Rahman, Master Internasional (MI) Azarya Jodi Setyaki, MI Gilbert Elroy Tarigan dan MI Aditya Bagus Arfan, merebut medali emas setelah mengumpulkan poin tertinggi 17 MP.

Medali perak diraih Gorontalo dengan 15 MP dan medali perunggu diraih Banten yang juga meraih 15 MP.

Sementara itu regu putra Jabar yang diperkuat para pecatur top nasional seperti MI Muhammad Lutfi Ali, MI Farid Firmansyah, dan MI Anjas Novita gagal meraih medali dan tercecer di urutan kelima dengan hanya mengemas 10 MP.

Jakarta memastikan sapu bersih emas catur kilat setelah mereka juga menjadi yang terbaik di nomor beregu putri.

Dengan materi para pecatur muda berbakat seperti MIW Cecilia Natalie Liuviann, MCW Theodora Paulina Walukow, MFW Christine Elisabeth dan MIW Laysa Latifah, Jakarta mengumpulkan total 17 MP. Perak menjadi milik Medina Warda Aulia dkk. dari Jawa Barat yang mendulang 16 MP. Adapun Jawa Tengah meraih perunggu dengan 14 MP.

Setelah merampungkan pertandingan di nomor catur kilat, pertandingan catur PON 2024 akan dilanjutkan pada nomor catur cepat yang memberi jatah waktu bermain 15 menit plus increament 10 detik kepada setiap pecatur.

Dalam nomor catur cepat ini juga diperebutkan empat medali emas, yakni perorangan putra-putri dan beregu putra-putri.

Pertandingan catur cepat berlangsung Kamis dan Jumat dengan memainkan 9 babak.

Baca juga: Ummilibas Irene dan Chelsea untuk pimpin nomor catur kilat putri

Baca juga: 122 pecatur siap bersaing di PON 2024

Baca juga: Percasi Aceh fokuskan pelatda tim catur PON di Jakarta

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024