Aceh Timur (ANTARA) - Tim sepak takraw putra Gorontalo akan menghadapi Kepulauan Riau (Kepri) pada semifinal nomor kuadran putra Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Gorontalo meraih tiket semifinal setelah menang atas Aceh 2-0 (15-9, 15-12) dan kalah 1-2 (17-15, 16-17, 11-15) dari Jawa Tengah dalam pertandingan penyisihan Grup A di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur, Rabu.

Sedangkan Kepulauan Riau melaju ke fase gugur tersebut setelah menjadi juara Grup B dengan mengalahkan Lampung 2-0 (15-11, 15-8) dan Sumatera Utara dengan skor 2-0 (15-11, 15-9) di babak penyisihan.

Di partai semifinal lainnya, akan berhadapan Jawa Tengah dengan Lampung. Jawa Tengah merupakan juara Grup A dengan mengalahkan Aceh 2-0 (15-13, 15-9) dan menang 2-1 atas Gorontalo.

Sedangkan Lampung merupakan peringkat kedua Grup B, melaju ke semifinal setelah menang atas Sumatera Utara dengan skor 2-0 (17-15, 15-13) serta kalah dari Kepulauan Riau 0-2.

Partai semifinal nomor kuadran putra tersebut dijadwalkan berlangsung di Gedung Idi Sport Center, Kamis (12/9).

Pelatih sepak takraw putra Gorontalo Herson mengatakan kemenangan atas Aceh menjadi penentu timnya melaju ke semifinal.

"Di awal pertandingan ketika melawan Aceh anak-anak sempat bermain dalam keadaan meraba-raba dan ada sedikit gugup. Namun, anak-anak mampu memenangi laga. Pada pertandingan berikutnya, bermain tanpa beban," katanya.

Baca juga: Sepak takraw - Jateng dan Kepri buka peluang ke semifinal kuadran

Senada juga diungkapkan pelatih sepak takraw Lampung Abdul Malik yang mengingatkan anak asuhnya tidak gugup dan bermain lepas pada babak gugur nanti.

"Di awal pertandingan, anak-anak sempat bermain gugup, sehingga kalah dari Kepulauan Riau. Sedangkan pada pertandingan melawan Sumatera Utara, anak-anak bermain lepas. Bermain lepas tanpa beban ini juga harus dimainkan nanti," kata Abdul Malik.

Sementara itu, pelatih sepak takraw Kepulauan Riau Joni Susilawanti meminta anak asuhnya mampu memenangi pertandingan di semifinal nanti agar melampaui pencapaian pada PON di Papua.

"Target kami, tentu lebih baik dari sebelumnya. Pada PON di Papua dalam nomor yang sama, kami meraih perunggu setelah kalah dari Jawa Tengah di semifinal. Kali ini harus menang dan bisa membawa pulang medali emas," kata Joni Susilawanti.

Baca juga: Sepak takraw - Nomor perseorangan kuadran mulai dipertandingkan
Baca juga: Sulawesi Selatan sabet emas regu putra sepak takraw

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024