Balangan, Kalsel (ANTARA) - Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan 19 perguruan tinggi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap menampung warga kabupaten setempat untuk menjalani kuliah secara gratis guna mendukung program beasiswa 1.000 sarjana.

"Program beasiswa 1.000 sarjana bertujuan memberikan keringanan kepada warga Balangan untuk menempuh pendidikan di Banjarmasin, Banjarbaru, HSU, dan Balangan," kata Abdul Hadi di Paringin, Rabu.

Abdul Hadi menuturkan setiap warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Balangan berkesempatan mendapatkan beasiswa dengan syarat berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana.

Menurut Abdul Hadi, program beasiswa 1.000 sarjana untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing yang kuat bagi masyarakat Balangan.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Balangan Hilmi Arifin menjelaskan Pemkab Balangan sudah bekerja sama dengan 19 perguruan tinggi di Kalsel untuk menampung masyarakat kabupaten setempat melanjutkan pendidikan sarjana secara gratis.

"Kita hanya membiayai uang kuliah tunggal (UKT) saja, yang mana biaya UKT itu langsung Pemkab Balangan menyerahkan ke kampus langsung tidak melalui mahasiswanya," ungkapnya.

Ia melanjutkan mekanisme untuk mendapatkan program itu masyarakat mendaftar terlebih dahulu ke kampus yang diinginkan, kemudian Pemkab Balangan bakal meminta data dari kampus tersebut untuk dilakukan pendataan.

Berdasarkan data, Hilmi mengungkapkan Pemkab Balangan mencatat sekitar kurang lebih 3.000 orang mendaftar program kuliah gratis yang mayoritas masyarakat mendaftar di Balangan.

Baca juga: Baznas Mataram siapkan beasiswa program satu keluarga satu sarjana

Baca juga: Pemerintah Inggris buka pendaftaran beasiswa untuk sarjana Gorontalo

Pewarta: Taufik Ridwan/Ragil Darmawan
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024