Banda Aceh (ANTARA) - Tim sepak bola putra Papua Barat meraih kemenangan perdana pada laga penyisihan Grup B Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 dengan mengalahkan Sulawesi Barat 3-1 di Stadion H Dimurthala Kota Banda Aceh, Rabu.

Gol Papua Barat dicetak oleh Eduard Rocky Mandosir pada menit ke-17, Jhon Edward Josua pada menit ke-29 melalui titik putih, dan Reinhart Josia pada menit ke-80. Sementara gol balasan Sulawesi Barat dicetak Roy Jardi pada menit ke-31.

Pertandingan kedua tim yang disaksikan ratusan suporter tersebut berjalan dengan intensitas tinggi, terlebih dari kubu Papua Barat yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Sejak awal pertandingan, Papua Barat menampilkan permainan menyerang melalui beberapa sisi, dari gelandang Reinhart dan Janners Zakaria serta serangan dari kedua sayap yang ditempati Eduard Rocky dan Max Nazario Kambu.

Serangan tersebut membuahkan hasil pada menit ke-17 melalui gol Eduard sehingga mengubah skor menjadi 1-0 untuk Papua Barat.

Gol cepat di babak pertama itu membuat semangat anak-anak Papua Barat meningkat dan mampu menggandakan keunggulan 12 menit kemudian melalui Jhon Edward Wutoy yang berhasil merobek gawang Sulawesi Barat yang dijaga Mursalin melalui titik penalti.

Papua Barat terus menjaga intensitas serangan dengan menarik keluar Adriano Sander dan memasukkan La Sami La ode di menit ke-35.

Meski terus diserang, Sulawesi Barat tidak tinggal diam dan melakukan serangan balik yang membuahkan gol pada menit ke-31 melalui Roy Jardi untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 yang tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca juga: Hasil sepak bola putra: NTT dan Kalsel pastikan diri ke 8 besar

Memasuki babak kedua, Sulawesi Barat yang mengumpulkan tiga poin di klasemen grup memulai laga dengan percaya diri untuk menyamakan kedudukan. 

Namun serangan yang dibangun Muh Abdi Basri, Fadel Muhammad, dan Nafaldi masih belum mampu merobek gawang Papua yang dijaga Muhammad Febryansyah Refyan.

Papua Barat yang memiliki daya jelajah cukup tinggi berupaya menambah gol, namun kerap kali peluang gol tersebut gagal karena lemahnya lini serangan. 

Upaya mereka untuk menambah gol terwujud pada menit ke-81 dan mengubah papan skor menjadi 3-1 melalui Reinhart Josiast usai menerima umpan manis dari lini kedua.

Gol tersebut disambut gembira anak-anak Papua Barat yang mengenakan kostum biru putih di laga tersebut.

Kedudukan 3-1 bertahan hingga wasit Gufra Al Amin meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan babak kedua.

Hasil ini membawa Papua Barat meraih lima poin dari empat laga dengan sekali menang, dua kali imbang dan satu kali mengalami kekalahan dari Sumut.

Baca juga: Aceh ke 8 besar sepak bola putra PON 2204 setelah tekuk Sulsel 1-0
Baca juga: Sepak bola - Pelatih sebut kemenangan tim Aceh karena keberuntungan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024