Kabupaten dan kota harus memastikan ketersediaan sumber daya alam yang menjadi bahan baku pewarna wastra dan kerajinan khas itu tersedia dan terlestarikan.
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi meminta setiap kabupaten dan kota dapat memastikan ketersediaan bahan baku alam untuk pembuatan produk khas daerah seperti wastra dan kerajinan lokal.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jambi Johansyah, di Jambi, Rabu, mengatakan pihaknya meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk memastikan ketersediaan bahan baku kerajinan daerah.

"Kabupaten dan kota harus memastikan ketersediaan sumber daya alam yang menjadi bahan baku pewarna wastra dan kerajinan khas itu tersedia dan terlestarikan," kata Johansyah saat pembukaan parade batik Jambi dan tenun.

Penggunaan bahan alam untuk kerajinan dan kain wastra seperti batik dan tenun, mengharuskan tersedianya bahan baku alam agar ciri khas produk daerah tidak hilang.

Selain membudidayakan sumber daya alam sebagai bahan baku kerajinan dan wastra, pemkab dan pemkot juga dituntut untuk masif memberikan pendampingan dan pelatihan untuk sumber daya manusia di daerah.

Johansyah mengatakan bahwa ketersediaan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan keahlian menenun, membatik, dan membuat kerajinan akan membuka potensi industri ekonomi kreatif tumbuh.

"Kita membutuhkan SDM yang mempunyai skill, seni membatik dan tenun diajarkan di sekolah, mendorong generasi muda Jambi menjadi penerus wastra daerah," katanya pula.

Ke depan, kata Johansyah, generasi penerus harus memiliki kemampuan membuat kerajinan unggulan daerah dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar, sehingga menjadi ekonomi kreatif menyokong perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan itu, Johansyah juga mengapresiasi Dekranasda Provinsi Jambi yang telah berkolaborasi dengan pemda memberikan pendampingan bagi pengembangan ekonomi kreatif melalui produk wastra dan kerajinan daerah.

Dia menegaskan dalam rangka memajukan budaya dan perekonomian, maka Dekranasda perlu bekerjasama dengan pemerintah di daerah menyelaraskan kegiatan dan program.

Keterlibatan itu, sebagai fasilitas untuk mewujudkan dan meningkatkan daya saing produk kerajinan khas Jambi agar berkualitas dan unggul.
Baca juga: PEP Jambi Field sokong pengembangan batik warga binaan Lapas Perempuan
Baca juga: Mahasiswa Unja dirikan sekolah membatik lestarikan wastra daerah 

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024