Takengon (ANTARA) - Pelatih triathlon Jawa Timur, Cali Amaral terkesan dengan arena triathlon Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Danau Lut Tawar, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut pelatih asal Brasil tersebut kondisi cuaca yang berada di Danau Lut Tawar memang cocok untuk menggelar lomba triathlon karena mempunyai temperatur udara dan suhu yang sangat menunjang.

"Tempat ini adalah tempat yang indah untuk menggelar latihan triathlon, terutama untuk balapan. Sebabnya adalah cuaca yang bagus," kata Cali Amaral kepada pewarta, Rabu.

Cali yang juga merupakan pelatih triahtlon Indonesia tersebut menilai bahwa Indonesia dengan potensi alamnya yang tak terbatas bisa menggelar ajang triathlon dimana pun di seluruh penjuru negeri.

Mantan pelatih triathlon Brasil ini juga begitu terkesan dengan kehangatan yang ditunjukkan oleh para penggemar dan penduduk sekitar terutama selama gelaran PON Aceh-Sumut 2024.

"Dan kemudian saya berpikir jika Indonesia bisa melakukan ini di seluruh negeri, itu sangat indah karena orang-orang Indonesia benar-benar berbeda. Indonesia adalah orang yang sangat hangat. Dan ini membuat semua orang bahagia," ujar pelatih yang membawa Brasil melangkah ke Olimpiade Sydney 2000 tersebut.


Cali Amaral, yang merupakan mantan pelatih triathlon Brasil yang mampu mengantarkan menembus empat edisi Olimpiade berturut-turut mulai dari Olimpiade Sydney 2000 hingga Olimpiade London 2012 tersebut, mengantarkan Jawa Timur memborong dua medali emas triathlon nomor standar putra dan putri melalui penampilan Muhammad Noval dan Binta Erlen Salsabila.

Baca juga: Pelatih triathlon Jatim nilai anak asuhnya masih dapat berkembang

Baca juga: Kalsel tidak bebani target medali dua atlet Triathlon pada PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024