Sekarang orang pemikirannya kalau sampah dibuang, padahal sampah itu bisa menjadi uang
Jakarta (ANTARA) - Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Kun Wardana Abyoto ingin menggencarkan ekonomi sampah untuk meningkatkan pendapatan warga agar lebih berdaya dan bermanfaat.
 
"Ada yang namanya ekonomi sampah. Sekarang orang pemikirannya kalau sampah dibuang, padahal sampah itu bisa menjadi uang," kata Kun kepada wartawan di Jakarta Barat, Rabu.

Baca juga: Jakpus perkuat penanganan sampah rumah tangga
 
Kun mengatakan sampah saat ini masih menyebabkan banjir di Jakarta yang merugikan banyak orang dan belum ada solusi hingga kini.
 
Dia menyoroti sampah-sampah organik seperti buah yang sebenarnya memiliki beragam fungsi yang bisa diolah menjadi barang bermanfaat.
 
"Ini bisa menjadi pendapatan bagi warga-warga, karena sampah itu punya nilai-nilai berbeda," ujarnya.

Baca juga: Rumah warga yang memilah sampah di Senen meningkat 62 persen
 
Maka dari itu, dia berharap adanya partisipasi masyarakat untuk ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di Jakarta.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa tingkat pengangguran di Ibu Kota mengalami penurunan sebesar 0,43 persen.
 
Berdasarkan data dari BPS Provinsi DKI Jakarta, tingkat pengangguran terbuka Provinsi DKI Jakarta per Februari 2024 terhitung sebesar 6,03 persen dengan jumlah pengangguran sebanyak 328 ribu orang.

Baca juga: KAI gelar aksi bersih-bersih sampah di jalur kereta api dan stasiun
 
Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana menjadi pasangan calon ketiga yang mendaftar di KPU Provinsi DKI Jakarta setelah pasangan Pramono Anung-Rano Karno dan pasangan Ridwan Kamil-Suswono.
 
Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana membawa program "Selamatkan Jiwa" pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 untuk memastikan pemerataan kesejahteraan rakyat.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024