Jakarta (ANTARA) - Ketua Pengurus Provinsi Wushu Indonesia (WI) Sumatera Utara Darsen Song menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan perolehan 10 medali emas pada cabang olahraga wushu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Sebagai tuan rumah, Sumut tidak hanya berfokus pada kesuksesan penyelenggaraan, tetapi juga berambisi untuk mencatatkan prestasi gemilang di ajang olahraga nasional tersebut.

"Kalau cerita jumlah medali, kami memasang target di 10 medali emas untuk semua lah, nomor taolu dan sanda," ujar Darsen di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu.

Pada PON XX Papua, Sumut berada di peringkat ketiga juara umum dengan meraih lima medali emas, lima perak, dan lima perunggu.

Darsen optimis Sumut bisa menggandakan jumlah tersebut di PON kali ini karena didorong oleh sejumlah faktor.

Salah satunya adalah penambahan nomor pertandingan pada kategori Taolu, di mana Sumut memiliki dua atlet nasional andalan yaitu Harris Horatius dan Nicholas.

Keduanya diharapkan dapat menyumbangkan medali di empat nomor yang dipertandingkan. Selain itu, masuknya nomor baru wing chun juga menjadi peluang tambahan bagi kontingen tuan rumah.

"Jadi kalau secara hitung-hitungan kertas mudah-mudahan 10 itu bisa dicapai," ucapnya.

Namun, Darsen menilai bahwa persaingan di PON kali ini akan sangat ketat, terutama dengan banyaknya provinsi yang mendatangkan pelatih dari China dan mengirimkan atlet-atlet mereka untuk menjalani pemusatan latihan di sana.

Kendati demikian, Sumut pun tidak kalah siap. Mereka memiliki pelatih asal China yang turut membangun optimisme dalam mencapai target medali emas.

Selain itu, sejak awal 2022, mereka telah menjalani program desentralisasi pelatihan daerah (Pelatda), dan pada bulan Juli tahun ini, atlet-atlet Sanda dari Sumut telah mengikuti pemusatan latihan intensif selama tiga minggu di China.

"Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan apa yang kami targetkan," pungkas dia.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut akan digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Nomor wing chun cabang olahraga wushu perdana dipertandingkan di PON

Baca juga: Wushu - PB WI ingatkan pentingnya keselamatan atlet saat bertanding

Baca juga: Menpora harap wushu selalu sumbangkan medali emas kepada Indonesia

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024