Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengatakan jalan berlumpur menuju arena pertandingan bola voli Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 yang viral di media sosial bukan merupakan jalan utama.

Pasalnya, kata dia, jalan utama menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Bola Voli Indoor Sumut Sport Center saat itu sedang disterilkan untuk menyambut Presiden Joko Widodo yang sempat berencana berkunjung ke lokasi tersebut pada Selasa (10/9) namun batal.

"Itu jalan belakang karena pintu depan di-clear sebagai standar protokol, jadi memang harus dikosongkan. Maka seluruhnya saat itu lewat pintu belakang," ujar Agus dalam konferensi pers di Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Dia menuturkan jalan belakang GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center memang belum rampung karena dijadwalkan selesai pada Desember serta dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan jalan pendukung GOR tersebut baru turun pada Juli.

Sementara itu, kata dia, dana untuk pembangunan GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center dan jalan utama dari APBN sudah cair terlebih dahulu, yakni sejak September 2023. Dengan demikian, faktor tersebut menjadi salah satu penyebab GOR bisa lebih siap terbangun dibanding jalan pendukungnya.

Selain itu, sambung Agus, hujan deras juga sempat mengguyur Kota Medan beberapa hari ini pada malam hari, sehingga membuat jalan belakang yang belum siap tersebut dipenuhi lumpur.

Dirinya mengaku kejadian itu merupakan salah satu kekurangan penyelenggaraan PON di Sumut, namun pihaknya terus memperbaiki kekurangan yang ada agar tidak terulang kembali.

Baca juga: Bola Voli - Putri Jateng dan DKI Jakarta torehkan kemenangan

"Kami langsung lakukan perbaikan dan sekarang sudah dirapikan. Pertandingan voli juga sudah dimulai," tuturnya.

Sebelumnya, jadwal pertandingan cabang olahraga bola voli pada PON Aceh-Sumatera Utara 2024 sempat diundur sehari menjadi Rabu (11/9) dari yang seharusnya digelar pada Selasa (10/9) karena akses jalan menuju GOR yang masih belum rampung.

PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada 20 September di Stadion Utama Sport Center Sumut.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Jadwal pertandingan bola voli PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Soal arena voli indoor belum siap, Ketua Harian PB PON: Besok siap

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024