"Untuk PDIP masih menunggu rekomendasi dari DPP. Mudah-mudahan akhir bulan ini semua nama sudah masuk,"
Solo (ANTARA) - DPRD Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah mulai menetapkan susunan fraksi periode 2024-2029 yang terdiri dari sejumlah partai politik.

Ketua DPRD Sementara Kota Surakarta Budi Prasetyo di Solo, Jawa Tengah, Rabu mengatakan ada lima fraksi, yakni PDIP, PKS, PSI, Gerindra, serta satu fraksi gabungan Partai Golkar, PAN, dan PKB.

Ia mengatakan untuk pemimpin fraksi tersebut, yakni YF Sukasno dari PDIP, Tri Mardiyanto dari PSI, Sugeng Riyanto PKS, Yudha Sindhu Riyanto Gerindra, dan Sekar Tandjung dari gabungan Partai Golkar, PAN, dan PKB.

Selanjutnya, dikatakannya, mekanisme masih berproses, termasuk juga pemilihan ketua definitif.

Ia mengatakan untuk saat ini sudah dilakukan pengajuan nama-nama pimpinan DPRD Surakarta dari semua fraksi, kecuali PDIP. Ia mengatakan nama-nama yang sudah masuk, yakni Ardianto Kuswinarno dari Partai Gerindra, Daryono dari PKS, dan Muhammad Bilal dari PKS.

"Untuk PDIP masih menunggu rekomendasi dari DPP. Mudah-mudahan akhir bulan ini semua nama sudah masuk," katanya.

Ia mengatakan jika ketua definitif sudah terpilih maka akan langsung pembentukan alat kelengkapan dan beberapa hal lain.

Sebelumnya, sebagai ketua sementara, Budi mengatakan beberapa tugas yang dilakukan di antaranya membentuk fraksi, kemudian memfasilitasi sampai nanti terpilihnya pimpinan definitif.

"Dalam waktu setelah pelantikan selesai kami akan koordinasi dengan pak wakil sementara dan sekwan untuk mengatur jadwal kaitannya dengan pembentukan fraksi-fraksi. Selanjutnya segera memproses atau memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif, sampai terbentuknya alkap (alat kelengkapan) paling tidak mungkin di akhir September," katanya.

Selain itu, dikatakannya, tugas lain yang menanti DPRD Kota Surakarta yakni menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2025.

"Jadi untuk APBD 2025 jelas oleh anggota yang baru, ya targetnya bisa di bulan Oktober," katanya.
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024