Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng) mengikuti laju Jawa Barat (Jabar) menuju final cabang olahraga bulu tangkis nomor beregu putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 setelah menang 3-2 dari DKI Jakarta di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Rabu.

Tunggal putri Jateng Salsabila Amiradana yang menjadi penentu kemenangan ketika mengalahkan tunggal putri Nimas Amirah Ayu 21-12, 8-21, 21-18 mengatakan kemenangan ini diraih berkat memenangi "adu mental" dari Jakarta selama 4 jam 7 menit.

Jateng hampir mengunci kemenangan pada pertandingan keempat saat unggul 2-1. Namun, ganda putri mereka Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma menyerah dari Ariella Naqiyyah/Jania Novalita Situmorang setelah sempat menang di gim pertama 21-18 sebelum kemudian kalah 19-21, 19-21 di dua gim berikutnya.

"Prediksinya, aku nggak main, jadi yang ganda kan lebih kuat ya, mereka udah lebih senior daripada saya. Mungkin mereka mentalnya lebih gitu, tapi dari lapangan keadaannya berbalik ya," kata Salsa ketika ditemui ANTARA selepas laga, Rabu.

Mental itu, kata Salsa, sangat mempengaruhi pertandingannya melawan Nimas. Salsa yang tinggal memetik satu kemenangan lagi pada gim kedua, justru kalah telak 8-21 setelah pukulan-pukulanya banyak yang keluar.

Ia mengatakan saat itu selain faktor angin, tekanan berat sebagai penentu Jateng menjadi faktor kekalahannya di gim kedua.

"Set kedua, mungkin kaget ya, keadaan kalah angin, juga aku kagok kakinya kelihatan berat padahal nggak, itu juga mental. Terus ndredeg juga, tangan semua gemeteran, kenceng semua. Pikiran apalagi, kita juga jadi penentu kayak harus tugas, juga nggak boleh ngecewain teman-teman kita gitu," jelas pebulu tangkis 17 tahun itu.

Di gim ketiga, ia kemudian bermain lebih baik. Jarak dua sampai tiga poin selalu dijaga Salsa hingga ia menang 21-18 dari Nimas.

Pelatihnya, Hayom Rumbaka, juga memberikan instruksi kepadanya untuk menghemat tenaga di gim kedua dan fokus meraih kemenangan di gim ketiga.

"Di set ketiga, aku mulai kayak main seperti awal lagi di set pertama. Unggul, unggul, unggul, set kedua aku udah mulai bisa nemuin lagi. Untungnya aku bisa nemuin di set ketiga, dan dia juga agak eror-eror juga," kata Salsa.

Di final beregu putri yang dimainkan besok Kamis (12/9), Jateng melawan Jawa Barat (Jabar) yang baru saja menang 3-0 dari Jawa Timur (Jatim) di semifinal.


Baca juga: Bulu tangkis - Jabar tanpa "kasusah" ke final beregu putri

Baca juga: Jadwal semifinal bulu tangkis beregu PON Aceh-Sumut 2024 pada Rabu



Berikut hasil semifinal beregu putri Jateng melawan Jakarta:

Aura Ihza Aulia 7-21, 13-21 Thalita Ramadhani Wiryawan
Bernadine Anindya/Velisha Christina 21-14, 21-12 Nabila Cahya Permata/Rache; Agnesia Sabatini
Sausan Dwi Ramadhani 21-12, 21-11 Kavitha Nadjwa Aulia
Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma 21-18, 19-21, 19-21 Ariella Naqiyyah/Jania Novalita Situmorang
Salsabila Amiradana 21-12, 8-21, 21-18 Nimas Amirah Ayu.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024