Jakarta (ANTARA) - Komisi I DPR RI di Jakarta, Rabu menggelar rapat kerja secara tertutup dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI beserta TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara untuk membahas penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) TNI Tahun Anggaran 2025.

"Saya izin untuk membuka rapat ini dengan sifat tertutup dan ini rapatnya nanti sebetulnya sebentar karena hanya meneruskan pembahasan yang sudah dilakukan minggu lalu, yaitu terkait adjustment (penyesuaian) yang dilakukan Badan Anggaran, hanya itu saja yang dilaporkan. Jadi mudah-mudahan tidak akan lama," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid saat membuka rapat.

Dia menjelaskan rapat tersebut dilaksanakan secara tertutup karena menyangkut teknis detil angka-angka dalam penyusunan anggaran TNI tahun 2025.

Di awal, dia menyampaikan bahwa Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto berhalangan mengikuti rapat tersebut lantaran menghadiri acara pelantikan Menteri Sosial RI dan sejumlah pimpinan lembaga negara Istana Negara, Jakarta, Rabu.

"Pak Panglima menghadiri pelantikan, akan berusaha datang kemari nanti menyusul," ucapnya.

Panglima TNI, lanjut dia, lantas diwakili oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon dalam rapat tersebut.

Dia kemudian juga menyapa Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Muhammad Herindra yang hadir mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

Selanjutnya, ia menyapa para pimpinan matra TNI yang hadir dalam rapat tersebut, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono.

Adapun saat menyapa Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, ia turut mengucapkan selamat HUT Ke-79 TNI Angkatan Laut yang diperingati pada Selasa (10/9).

"Kami ucapkan juga selamat HUT untuk TNI AL. Kami mohon maaf kemarin tidak dapat hadir karena kami mengejar siklus anggaran dalam beberapa hari ini," kata Meutya.

Baca juga: Komisi V DPR setujui tambahan anggaran PUPR 2025 Rp40,59 triliun
Baca juga: Komisi VIII DPR RI setujui pagu anggaran Kemenag 2025 Rp79 triliun
Baca juga: Komisi II DPR sepakati pilkada ulang bila kotak kosong menang

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024