Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube short menampilkan kiper Timnas Indonesia Maarten Paes melakukan wawancara usai pertandingan Indonesia melawan Arab Saudi pada Jumat (6/9/2024) lalu.

Pemain yang dipuji Presiden Jokowi setelah menahan imbang Australia dengan skor 0-0 pada Selasa (10/09), tersebut terlihat menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Martin paes Paseh bener bahasa Indonesianya #timnasindonesia #marteenpaes”

Namun, benarkah video Maarten Paes menggunakan bahasa Indonesia yang lancar pada saat wawancara tersebut? 

 

Unggahan video yang menarasikan Maarten Paes jawab fasih lancar wawancara gunakan Bahasa Indonesia. Faktanya, dalam wawancara tersebut, Maarten Paes gunakan bahasa Inggris. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan video wawancara tersebut serupa dengan unggahan TikTok ini. Dalam video tersebut, wartawan menanyakan menggunakan Bahasa Inggris, bagaimana penampilan Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Saudi Arabia. 

Menurut Paes, seluruh Tim (Timnas Indonesia) sudah melakukan yang terbaik. Kedua tim (baik Timnas Saudi dan Indonesia) bermain dengan sangat baik.

Penjaga gawang klub FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu menjelaskan, dirinya rutin belajar bahasa Indonesia untuk memperlancar komunikasi dan adaptasi dengan tim nasional.

Paes pun menargetkan dirinya sudah lancar berbahasa Indonesia pada bulan Oktober 2024.

"Mungkin bulan depan saya bisa diwawancarai dengan bahasa Indonesia," kata pesepak bola berusia 26 tahun tersebut, dilansir dari ANTARA.
Cek fakta: Cek fakta, Indonesia resmi lolos Piala Dunia 2026 karena FIFA diskualifikasi Jepang

Cek fakta: Cek fakta, Erick Thohir "usir" Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia

Baca juga: Jokowi ucapkan selamat ke pelatih dan pemain usai laga lawan Australia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024