Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) sepakat menjalin kerja sama dengan Central Luzon State University (CLSU) of Philippines guna meningkatkan kolaborasi dalam berbagai penelitian maupun pertukaran mahasiswa dan dosen.

Rektor Unja Prof Helmi di Jambi, Rabu, mengatakan penandatangan kerja sama ini merupakan bukti Unja berkomitmen memperluas kerja sama dengan CLSU.

Helmi mengatakan kerja sama ini menjadi suatu hal yang harus dilakukan karena institusi apapun pasti mempunyai kekurangan dan membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Di sinilah diperlukan kerja sama yang merupakan hal yang sangat strategis, dan setelah naskah kerja sama ini ditandatangani ada tindak lanjut berupa MoA, karena tanpa MoA, MoU tidak ada manfaatnya. Oleh sebab itu kepada pihak yang terlibat dalam merealisasikan kerja sama ini diharapkan benar-benar bisa mengisinya secara kreatif sehingga bermanfaat bagi para pihak," kata rektor.

Perwakilan CLSU D Florante P. Ibarra mengucapkan terima kasih karena keterbukaan Universitas Jambi untuk menjalin kerja sama dengan kampus mereka.

CLSU akan mendukung kerja sama ini sehingga dalam waktu dekat dapat terealisasi melalui program-program terbaik.

Kerja sama ini, kata dia, diharapkan dapat mengangkat keunggulan-keunggulan yang bisa dikerjasamakan serta bisa dihubungkan dengan Unja dalam bentuk kolaborasi penelitian, pertukaran pelajar, dan pertukaran dosen.

Beberapa waktu lalu, Unja juga menjalin kerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia dan INTI International University pada Juni 2024. Kerja sama ini juga dilakukan dalam penguatan program riset, pertukaran mahasiswa, dosen dan berbagi keilmuan lainnya.

Baca juga: Unja dan Temasek Polytechnic Singapore perkuat kerja sama pendidikan

Baca juga: Unja dan PPI Dunia kolaborasi perkuat jaringan internasional

Pewarta: Tuyani
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024