Banda Aceh (ANTARA) - Tim tuan rumah Aceh bakal menantang perwakilan Jawa Barat di partai final cabang olahraga korfball nomor K4-2 atau empat lawan empat dengan dua tiang dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Tiket final diperoleh Aceh setelah mereka melewati hadangan DKI Jakarta dan menang 9-7 dalam pertandingan semifinal di Lapangan GOR Merah Putih, Sabang, Aceh, Rabu.

Sedangkan Jawa Barat sudah lebih dulu memastikan tempat di partai final seusai menyisihkan Jawa Tengah 9-7.

"Jawa Barat menang melawan Jawa Tengah dan Aceh menang melawan DKI Jakarta, maka final Jawa Barat dan Aceh untuk perebutkan medali emas," kata Technical Delegate korfball PON XXI Adelaida Koraag saat dihubungi dari Banda Aceh, Rabu.

Pertandingan final korfball K4-2 dijadwalkan berlangsung pada Rabu (11/9) besok, didahului laga perebutan medali perunggu antara Jawa Tengah kontra DKI Jakarta pada pukul 15.00 WIB.

"Kita berharap semua pertandingan bisa lancar dan kondusif. Semuanya bisa bermain sportif, menerima keputusan wasit, dan kalau ada protes bisa terselesaikan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Empat tim korfball PON XXI berebut tiket final nomor K4 dua korf
Baca juga: TD: Laga hari pertama korfball PON XXI di Pulau Weh berjalan lancar


Pelatih tim korfball Aceh Khalif Akbar mengatakan pertandingan semi final antara Aceh melawan DKI Jakarta berlangsung begitu ketat. Tim Aceh sempat unggul pada kuarter pertama, namun disusul DKI Jakarta pada kuarter kedua.

"Kuarter tiga dan empat saling jual beli serangan, dan Alhamdulillah anak-anak hari ini enggak banyak buat kesalahan dan DKI juga defance bagus, cuma mereka banyak tembakan yang kurang beruntung, kurang menghasilkan poin," ujarnya saat dihubungi dari Banda Aceh secara terpisah.

Dalam menghadapi partai final, lanjut Akbar, tim korfball Aceh tidak ada persiapan khusus, hanya saja dirinya menekankan para pemain untuk meminimalisir kesalahan saat bertanding dan fokus mencetak poin.

"Kita tetap fokus di lapangan, meminimalisir kesalahan dalam tim saja dalam permainan, terus fokus dalam mencetak poin. Saya hanya menekankan tetap mencari yang terbaik, dengan menunjukkan performa mereka yang terbaik," ujarnya.

Korfball menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XXI, setelah sebelumnya hanya merupakan cabang olahraga eksibisi pada PON XX Papua 2021.

Pada PON XXI, ada 10 provinsi yang mengirimkan perwakilan pada korfball, di antaranya Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pertandingan cabang olahraga korfball menerapkan sistem setengah kompetisi, sehingga semua tim bertemu untuk bertanding pada babak penyisihan baik nomor K8 (delapan lawan delapan), K4-1 (empat lawan empat dengan satu tiang), maupun K4-2.

Baca juga: Kemenhub fasilitasi akomodasi terapung dengan KM Kelud dukung PON XXI
Baca juga: KONI Aceh bidik hingga 5 emas cabang anggar pada PON XXI 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024