Anggaran tersebut merupakan bentuk pengejawantahan program prioritas peningkatan kualitas pendidikan keagamaan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas memaparkan proyeksi anggaran Dana Abadi Pesantren yang dilaksanakan bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) RI mencapai senilai Rp267 miliar.

"Tahun 2025, Dana Abadi Pesantren yang dilaksanakan melalui LPDP diproyeksikan anggaran senilai Rp267,36 miliar," kata Menag Yaqut dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.

Gus Men, sapaan akrabnya mengungkapkan anggaran itu difokuskan untuk memberikan beasiswa degree maupun non-degree kepada para santri, serta dukungan terhadap manajemen layanan pendidikan keagamaan.

Ia menyebut anggaran tersebut merupakan bentuk pengejawantahan program prioritas peningkatan kualitas pendidikan keagamaan, seperti pondok pesantren dan sekolah-sekolah berbasis agama lain.

Baca juga: Komisi VIII DPR RI setujui pagu anggaran Kemenag 2025 Rp79 triliun

"Juga memberikan beasiswa bagi para siswa untuk melanjutkan pendidikan baik di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Di samping itu, paparnya, Kemenag kembali mengadakan program peningkatan kualitas keagamaan melalui skema pembiayaan surat berharga syariah negara (SBSN) pada tahun 2025.

Sejumlah peningkatan kualitas keagamaan tersebut diwujudkan dalam bentuk pembangunan balai nikah dan manasik haji di 160 kecamatan, revitalisasi dan pengembangan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di 54 kabupaten/kota, serta revitalisasi dan pengembangan asrama haji di lima lokasi.

"Kemudian juga peningkatan akses dan mutu sarana dan prasarana di 180 madrasah, serta pembangunan dan peningkatan mutu 13 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri," ujarnya.

Pada 2025, Kemenag juga memperoleh pagu anggaran yang telah disetujui oleh Badan Anggaran DPR RI sebesar Rp79,168 triliun.

Gus Men juga turut mengapresiasi perhatian dan dukungan Komisi VIII DPR RI atas kinerja Kemenag RI.

"Kami tentu berharap penyampaian penjelasan ini dapat memenuhi harapan dan masukan dari Pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR RI," ucap Menag Yaqut.

Baca juga: Anggota DPR usul tambah anggaran pendidikan di Kemenag
Baca juga: Komisi VIII DPR minta Kemenag tambah insentif dai di daerah 3T

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024