Banda Aceh (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Abu Razak mengatakan, pihaknya menargetkan bisa memboyong 4 hingga 5 medali emas dari cabang olahraga anggar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

“Kalau di anggar ini kita harapkan 4 hingga 5 (medali emas), Insya Allah. Dari awal, kita kawal adik-adik kita ini. Kita doakanlah pada hari ini pertama kali main anggar (cabang anggar PON XXI perdana dimulai),” kata Abu di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu.

Untuk kategori putra, Aceh menerjunkan atlet Saidinanda Mulkan dan Indra Agus Setiawan yang berlaga di nomor sabel perorangan pada hari pertama pertandingan.

Adapun kategori putri diisi oleh Qayla Shabira Yolanda yang berlaga di nomor floret perorangan pada hari yang sama.

“Dan alhamdulillah Aceh hari ini sudah 16 emas dan di posisi kelima hari ini,” ujar Abu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) Aceh Agus Suparmanto mengingatkan bahwa anggar merupakan cabang olahraga yang mengandung nilai-nilai sportivitas, daya juga tinggi, serta percaya diri terhadap kemampuan diri.

Dia berharap ajang PON XXI dapat memunculkan bibit-bibit unggul dalam cabang anggar yang mampu mewakili Indonesia pada kompetisi internasional.

“Olahraga ini penting khususnya untuk meningkatkan kecerdasan kita, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan sehari-hari nantinya. Terutama bagi adik-adik yang ingin bertanding pada hari ini, tujuan PON XXI ini untuk memilih atlet-atlet yang berprestasi dalam memajukan event-event internasional,” kata dia.

Agus pun berpesan kepada seluruh atlet anggar yang terlibat pada PON XXI untuk memaksimalkan kemampuan saat bertanding. Dia juga berpesan kepada para pelatih untuk memberikan semangat dan arahan yang maksimal bagi para atlet yang dibimbingnya.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang anggar ini diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pada Rabu, pertandingan anggar perdana dimulai yang diawali dengan nomor sabel perorangan putra dan floret perorangan putri, yang akan dilanjutkan final pada sore hari.

Baca juga: Sebanyak 220 atlet anggar PON XXI siap tanding mulai hari ini

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024