....agar mudah bertransaksi yaitu cukup dengan scan QR Code saja nantinya.
Bandarlampung (ANTARA) -
Pengelola jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) PT Bakauheni Terbanggi Besar Toll (BTB Toll) melalui operatornya PT Hakaaston (HKA) bekerjasama dengan Bank Mandiri KCP Bandarlampung Kemiling melakukan pendaftaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau sistem pembayaran nontunai menggunakan QR Code bagi mitra UMKM di Rest Area 116 A.
 
"Pendaftaran merchant QRIS ini diikuti oleh belasan mitra UMKM Rest Area 116 A. Tak hanya melakukan pendaftaran, para mitra UMKM juga diberikan sosialisasi mengenai cara penggunaan QRIS serta berbagai manfaat lainnya saat bertransaksi dengan para pengguna jalan," kata Manager Area Tol Bakter Andri Pandiko, dalam keterangannya di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengungkapkan pentingnya mengenalkan pola pembayaran berbasis digital kepada pelaku UMKM, diharapkan dapat mempermudah layanan transaksi pengguna jalan tol.
 
“Melalui transaksi digital ini, kami ingin memberikan solusi bagi para pengguna jalan yang biasanya jarang menyimpan uang cash atau istilahnya cashless, agar mudah bertransaksi yaitu cukup dengan scan QR Code saja nantinya,” katanya pula.
 
Andri juga menambahkan, selain untuk keamanan dan juga efisiensi saat bertransaksi, adanya QRIS ini juga sebagai upaya pengelola Tol Bakter memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi pengguna Jalan Tol Bakter.

Penerapan transaksi QRIS ini juga nantinya akan bertahap disosialisasikan dan diterapkan kepada para mitra UMKM di rest area lainnya yang ada di Tol Bakter.
 
Salah satu pemilik tenant UMKM di Rest Area 116 A Rahayu mengatakan sangat senang dengan adanya sistem pembayaran QRIS ini, karena selain transaksinya cepat, dirinya juga tidak perlu repot-repot menghitung dan memberikan uang kembalian kepada para pembeli.
 
“Alhamdulillah, kami merasa terbantu juga dengan adanya pembayaran QRIS ini, jadi transaksi lebih cepat, aman, dan yang terpenting sekali scan langsung beres tidak perlu repot hitung dan kasih kembalian jadi lebih efesien," katanya lagi.
Baca juga: PT Hakaaston berikan bantuan ke UMK kain tapis khas Lampung
Baca juga: Tilang elektronik di ruas Tol Bakter mulai diberlakukan

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024