Pemerintah Jepang memberikan pinjaman 140 miliar yen Jepang dengan bunga rendah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Jepang menggelontorkan dana pinjaman 140 miliar yen Jepang untuk pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Lintas Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 yang akan menghubungkan Medansatria hingga Tomang sepanjang 24,5 kilometer.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi di agenda pencanangan MRT Lintas Timur-Barat di Stasiun MRT Thamrin Jakarta Pusat, Rabu.

"Pemerintah Jepang memberikan pinjaman 140 miliar yen Jepang dengan bunga rendah," katanya saat menyampaikan pidato di acara tersebut.

Yasushi menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Presiden Joko Widodo atas kerja keras dalam proyek infrastruktur bersejarah MRT Jakarta.

Dalam pernyataannya, Yasushi menilai MRT sebagai simbol kemitraan antara Indonesia dan Jepang di era Pemerintahan Jokowi.

"MRT simbol kekerabatan Indonesia dan Jepang di masa pemerintahan Jokowi," katanya.

Yasushi menyatakan keyakinannya bahwa pembangunan sistem MRT akan memberikan kontribusi besar bagi perkembangan Jakarta ke depan.

Ia juga menambahkan bahwa keberadaan MRT Jakarta dengan ekosistem berkelanjutan secara mandiri merupakan kebanggaan tersendiri.

Dengan proyek ini, Yasushi berharap Jakarta dapat menikmati manfaat dari sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan.

Saat ini, pembangunan fase 2a MRT Lintas Utara-Selatan yang menghubungkan Bundaran HI dengan Kota masih berlangsung. Namun, pemerintah bertekad untuk memperluas jaringan MRT di Jakarta agar makin terintegrasi.

Dalam agenda yang sama, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan kerja sama itu dibangun Pemerintah Indonesia dengan Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

Penyelenggaraan MRT Koridor Timur - Barat Fase I dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan PT MRT Jakarta (Perseroda). Pembangunan fase I tahap 1 ditargetkan beroperasi 2031.

Baca juga: MRT Medansatria-Tomang lintasi 21 stasiun
Baca juga: Presiden Jokowi canangkan koridor baru MRT Kota Bekasi-Tomang Jakarta
Baca juga: MRT Jakarta gandeng Bank DKI kenalkan pembayaran baru "Martipay"

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024