Takengon (ANTARA) - Jawa Timur memborong dua emas nomor standar triathlon Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Danau Lut Tawar, Takengon, Aceh, Rabu.

Kepastian tersebut diperoleh setelah pada nomor standar putri, Binta Erlen Salsabila finis tercepat dengan catatan 2 jam, 9 menit dan 17 detik.

Pada
renang 1500 meter, Binta yang merupakan debutan di PON mencatatkan waktu 21 menit 37 detik. Sedangkan saat bersepeda 40 km, Binta finis dengan catatan waktu 1 jam 3 menit 50 detik. Lalu Binta menyegel medali emas usai finis dengan catatan waktu 42 menit 24 detik.

Di belakang Binta terdapat atlet tuan rumah Aceh, Renata Berliana Aditya yang finis dengan catatan 2 jam, 10 menit dan 16 detik.

Sementara podium terakhir diamankan oleh atlet Kalimantan Barat, Maharani Azhri Wahyuningtyas yang finis dengan catatan waktu 2 jam 16 menit dan 39 detik atau unggul 10 detik dari atlet Sulawesi Tengah, Nethavani Octaria yang finis di urutan keempat.

Sebelumnya Jawa Timur telah terlebih dulu menyegel medali emas nomor putra melalui Muhammad Noval Ashidiq yang finis dengan catatan waktu 2 jam, 2 menit dan 45 detik.

Medali perak diamankan oleh Jawa Barat, Aryandra Fauzi Mauludin yang finis dengan catatan waktu 2 jam, 4 menit dan 54 detik. Sedangkan atlet triathlon berpengalaman asal Sumatera Selatan, Jauhari Johan mengamankan perunggu usai finis dengan catatan 2 jam, 7 menit dan 12 detik.

Baca juga: Kalsel tidak bebani target medali dua atlet Triathlon pada PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024