Harapan kami, putra dan putri Kota Palangka Raya dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu dan siap mengembangkan industri furnitur
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah bersama Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah melakukan kerja sama untuk mencetak ahli pengolahan kayu melalui jalur beasiswa yang disediakan pemerintah setempat.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Albert Toembak di Palangka Raya, Rabu, mengatakan kerja sama ini ditandai dengan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pemberian beasiswa pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya.

"PKS ini lanjutan dari Kesepakatan bersama yang telah dibuat oleh Pemkot Palangka Raya dan Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal pada 18 Juli 2024 lalu," kata Albert.

Dia menuturkan, pemberian beasiswa terhadap 25 putra dan putri yang ada di Kota Palangka Raya tersebut tidak lain agar kota itu nantinya dapat mengembangkan industri furnitur dengan kualitas yang bagus.

Ia menjelaskan, bahan baku kayu di sekitar Palangkaraya cukup melimpah sehingga lulusan politeknik itu diharapkan mampu mengolahnya menjadi berbagai barang furniture yang bisa dijual sampai ke luar negeri.

"Permintaan furnitur di tingkat lokal dan regional Kalimantan juga cukup tinggi. kemudian peluang untuk menyuplai furnitur ke Ibu Kota Nusantara (IKN) juga sangat terbuka lebar," katanya.

Baca juga: HIMKI perkirakan pasar ekspor industri mebel tumbuh 8 persen
Baca juga: Kemenperin: Sektor furnitur buat komitmen ekspor Rp17 miliar ke India


Albert juga berharap, dengan adanya kerja sama ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di Ibu Kota Provinsi Kalteng itu sendiri.

"Pemkot juga berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada putra dan putri di Palangka Raya untuk mengembangkan diri melalui pendidikan berbasis beasiswa yang kami sediakan," ungkap Albert.

Sementara itu, Direktur Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal, Peni Shoffiyati, menuturkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemkot Palangka Raya kepada politeknik yang dirinya pimpin.

Menurut Shoffiyati, politeknik yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian tersebut siap memberikan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa dari Kota Palangka Raya.

"Tentunya kami berkomitmen untuk mencetak SDM yang kompeten di bidang furnitur dan pengolahan kayu. Harapan kami, putra dan putri Kota Palangka Raya dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu dan siap mengembangkan industri furnitur di daerahnya," demikian Shoffiyati.

Baca juga: Indonesia-Singapura resmikan Politeknik Furnitur Kendal
Baca juga: Kemenperin tekankan SDM kompeten pacu daya saing industri furnitur


 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024